Selasa 21 Nov 2023 17:10 WIB

Dukung Optimalisasi Kampung Ramah Anak di Sosrowijayan, Mahasiswa UGM Beri Pendampingan

Pojok Pintar menjadi fasilitas ruang publik yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Kampung Ramah Anak. Sudut kampung Ratmakan, Ngupasan, Yogyakarta, Jumat (4/10/2019).
Foto: Republika/ Wihdan
Kampung Ramah Anak. Sudut kampung Ratmakan, Ngupasan, Yogyakarta, Jumat (4/10/2019).

REJOGJA.CO.ID, SLEMAN -- Lima mahasiswa UGM lintas fakultas memberikan pendampingan dan pembelajaran kepada anak-anak di Kampung Sosrowijayan. Langkah ini dilakukan untuk mendukung terwujudnya kampung ramah anak di Sosrowijayan yang berada di lokasi padat pendudukan dan dekat dengan lokalisasi Pasar Kembang (Sarkem) Yogyakarta. 

Kegiatan tersebut digelar melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M). Sejumlah program strategis yang dilakukan yakni Engklek Pintar, Pojok Pintar, Kelas Karakter, dan Kelas Inspirasi.

Baca Juga

"Pendampingan dan pelaksanaan program-program tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan kampung ramah anak di Sosrowijayan," kata Ketua PKM Pengabdian Masyarakat UGM, Trixi Karinina Dewi Sindhutomo, dalam keterangannya. 

Trixi mengungkapkan hal ini menjadi tindakan pencegahan kepada anak-anak yang berpotensi terpengaruh oleh dampak negatif yang berasal dari lingkungan, khususnya dari tempat dan kegiatan lokalisasi prostitusi yang berdekatan dengan tempat mereka tumbuh dan berkembang. Karena itu, Mahasiswa Departemen Manajemen Kebijakan Publik ini bersama timnya yang beranggotakan Fakhrizal Putra Wima (Farmasi), Salsabila Gandhes Kesumasari (Farmasi), Abiyyu Mahfuzh Raihan (Geofisika), dan Muhamad Nur Fauzan (Teknologi Rekayasa Internet) bekerjasama dengan karang taruna kampung Sosrowijayan berupaya mengurai persoalan tersebut.  

Dirancang dengan berbasis ilmu pengetahuan dalam bidang sosial pendidikan, Engklek Pintar dihadirkan sebagai inovasi metode dalam menjalankan program yang tidak hanya menarik perhatian anak-anak, tetapi juga memberikan fasilitas bermain dan belajar yang mendukung tumbuh kembang mereka. Engklek Pintar ini dikembangkan dengan modifikasi permainan tradisional dan terdapat papan tulis yang dapat dihapus sehingga dapat digunakan tidak terbatas dengan materi tertentu.

"Engklek pintar ini juga sudah diberikan untuk pembelajaran di TK dan SD yang berada di Sosrowijayan," kata Trixi.

Lalu, Pojok Pintar menjadi fasilitas ruang publik yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak sebagai tempat bermain dan belajar. Kelas Karakter memberikan pendampingan terkait dengan penghargaan terhadap diri sendiri sekaligus memberikan pengetahuan tentang perlindungan diri melalui edukasi seks. Sementara itu, Kelas Inspirasi mendorong anak untuk bermimpi tinggi dan memiliki tujuan hidup yang positif. 

Kedua kegiatan ini mampu menumbuhkan minat anak dalam belajar karena dibungkus rapi oleh sistem permainan yang diharapkan akan menambah antusiasme anak, mengasah kemampuan kompetitif, dan juga kreativitas.

"Sementara untuk pendampingan psikis difokuskan pada upaya penghargaan diri sendiri, pemberian materi tentang perlindungan diri melalui edukasi seks sesuai usia, dan dorongan untuk bermimpi tinggi," kata Fakhrizal.

Kegiatan optimalisasi kampung ramah anak dilakukan dengan target anak-anak rentang usia 5-16 tahun, terutama anak-anak yang berpotensi terdampak dengan adanya wilayah lokalisasi Sarkem. Program dijalankan pada bulan Juni hingga Oktober 2023.

Fakhrizal menjelaskan salah satu indikator capaian yang telah dihasilkan dari solusi optimalisasi kampung ramah anak di Kampung Sosrowijayan ialah anak mendapat fasilitas bermain dan belajar interaktif. Selain itu, anak mendapat fasilitas ruang publik untuk bermain dan belajar, mendapat kegiatan positif dalam mengisi waktu luang, serta mendapat pengetahuan terkait dengan perlindungan diri melalui edukasi seks. Berikutnya, ada peningkatan rasa penghargaan diri anak terhadap dirinya sendiri. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement