Senin 13 May 2024 13:08 WIB

Libur Panjang, Kunjungan Wisatawan di Bantul Hasilkan PAD Rp 823 Juta

Kawasan Pantai Parangtritis masih menjadi tujuan favorit wisatawan. 

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Wisatawan beraktivitas saat senja di kawasan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
(ILUSTRASI) Wisatawan beraktivitas saat senja di kawasan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

REJOGJA.CO.ID, BANTUL — Puluhan ribu wisatawan mengunjungi berbagai destinasi wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada momen libur panjang pekan lalu. Kunjungan wisatawan ini turut berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Bantul.

“Jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul dari 9 sampai 12 Mei sebanyak 56.872 orang, dengan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 823,2 juta,” kata Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Markus Purnomo Aji, Senin (13/5/2024).

Baca Juga

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, pada 9 Mei terdata kunjungan sebanyak 16.233 wisatawan, pada 10 Mei sebanyak 11.164 wisatawan, pada 11 Mei sebanyak 12.715 wisatawan, dan pada 12 Mei sebanyak 16.760 wisatawan.

Menurut Markus, Pantai Parangtritis, yang satu kawasan dengan objek wisata Gumuk Pasir Parangkusumo, serta Pantai Depok, masih menjadi tujuan favorit wisatawan. “Kawasan Pantai Parangtritis menjadi objek wisata dengan kunjungan terbanyak atau sekitar 76 sampai 85 persen,” ujar dia.

Ada juga wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata pantai lainnya, seperti Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, dan Pantai Baru. Sejumlah wisatawan juga mengunjungi wisata alam Goa Cerme dan Goa Selarong.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement