Kamis 15 Feb 2024 05:42 WIB

Cari Tiket KA Lebaran 2024, 15 Februari Ini Sudah Bisa Dibeli

KAI menerapkan sistem antrean saat pembelian tiket kereta api jarak jauh.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Logo PT KAI
Foto: kai.id
Logo PT KAI

REJOGJA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka penjualan tiket kereta api untuk periode angkutan Lebaran 2024 mulai tanggal 15 Februari 2024 ini. Artinya, tiket KA Lebaran sudah bisa didapatkan pada H-45 untuk keberangkatan 31 Maret 2024 atau H-10 Lebaran.

"Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya," kata Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Rabu (14/2/2024).

Krisbiyantoro pun mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam memasukkan tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan tiket. Diharapkan pelanggan kereta api merencanakan perjalanan sebaik mungkin, termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal kereta.

Disampaikan bahwa KAI terus melakukan inovasi guna meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Salah satunya dengan menerapkan sistem antrean saat pembelian tiket kereta api jarak jauh.

Sistem antrean ini diberlakukan pada aplikasi Access by KAI dan web kai.id. Tujuannya agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan, khususnya pada saat-saat peak season seperti musim Lebaran maupun Natal dan Tahun Baru.

Dikatakan Krisbiyantoro bahwa pada saat peak season dimana terjadi kepadatan pemesanan tiket, calon penumpang akan diarahkan kepada sistem antrean yang akan memberitahukan perkiraan waktu tunggu. Calon penumpang pun disarankan untuk tidak menutup window tersebut agar tetap terhubung dengan sistem.

Selanjutnya, pada saat gilirannya, calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke dalam sistem pemesanan dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa. Sistem antrean penjualan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI dan Web KAI.id tersebut sudah mulai diberlakukan sejak tanggal 1 Februari 2024

"KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terkini dan menjaga tingkat keamanan data serta informasi," ucap Krisbiyantoro.

Terkait informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada periode angkutan Lebaran, masyarakat juga dapat menghubungi customer service di stasiun atau contact center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

"KAI Daop 6 Yogyakarta siap melayani pelanggan sebaik mungkin pada periode Lebaran 2024 melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman," jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement