Selasa 30 Apr 2024 15:57 WIB

Solo Diusulkan Jadi Tuan Rumah WCCE 2026 

Banyak pihak mengusulkan Solo menjadi tempat event internasional.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan seni di Kota Solo.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Ilustrasi kegiatan seni di Kota Solo.

REJOGJA.CO.ID,  SOLO–Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan Kota Solo diusulkan menjadi tuan rumah World Conference Creative Economy (WCCE) di 2026. 

"2026 kita usulkan Solo menjadi house World Conference Creative Economy," kata Sandiaga, Senin (29/4/2024) malam.

Baca Juga

Di sisi lain, ketika disinggung mengenai Bandara Adi Soemarmo yang turun grade dari bandara Internasional, Sandiaga mengatakan apabila ada event tingkat internasional maka penerbangan internasional dapat dibuka. 

"Tadi saja saya baru berkoordinasi karena banyak sekali yang memberi masukan. Selama Solo memiliki event internasional. Maka untuk penerbangan internasional dibuka. Solo Menari ini termasuk yang kita angkat menjadi event internasional," katanya. 

Kendati demikian, ia mengatakan status bandara Adi Sumarmo masih bisa ditinjau ulang. Hal tersebut apabila minat penerbangan internasional tinggi. 

“Selama demand-nya besar penerbangan rutin status itu akan ditinjau ulang kembali berbasis data kita. Karena 2022 kita langsungkan di Bali, 2024 Uzbekistan. Indonesia kesempatan menjadi founder untuk mengajukan kuota. Dan kita mengajukan Solo karena Kota Solo menjadi salah satu creative network,” katanya. 

Pihaknya juga mengaku telah berkomunikasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenai pembukaan penerbangan internasional selama ada event tingkat internasional. 

“Solo akan diakses dari luar negeri. Tadi dengan Pak Menteri Perhubungan kita berkoordinasi selama ada eventnya Solo bisa dibuka penerbangan internasional. Begitu ada event internasional akan dibuka untuk waktu tertentu,” katanya. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement