Sabtu 20 Apr 2024 19:42 WIB

Tangani Banjir, Pemkab Lumajang akan Normalisasi Sungai Curah Menjangan

Sungai Curah Menjangan yang akan dinormalisasi rencananya sepanjang satu kilometer.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Banjir di wilayah Desa Kutorenon, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Foto: Dok BMH
(ILUSTRASI) Banjir di wilayah Desa Kutorenon, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

REJOGJA.CO.ID, LUMAJANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur, merencanakan normalisasi Sungai Curah Menjangan dalam upaya menangani persoalan banjir. Saat musim hujan, luapan air sungai tersebut biasa memicu banjir.

“Pemerintah daerah akan segera menormalisasi Sungai Curah Menjangan di Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, karena menjadi faktor utama terjadinya banjir,” kata Penjabat (Pj) Bupati Lumajang Indah Wahyuni, dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (20/4/2024).

Baca Juga

Pj Bupati mengatakan, normalisasi Sungai Curah Menjangan akan melibatkan koordinasi dan kerja sama dari berbagai pihak terkait. Menurut dia, rencananya normalisasi dilakukan sepanjang satu kilometer, yang meliputi aliran sungai di wilayah Desa Kutorenon dan Desa Dawuhan Lor.

“Dalam upaya menormalisasi Sungai Curah Menjangan, kami mengharapkan kerja sama dan koordinasi yang baik agar penanganan banjir dapat berjalan lancar,” ujar Pj Bupati.

Kepala Desa Kutorenon, Faisal Rizal, mengapresiasi rencana Pemkab Lumajang yang akan menormalisasi Sungai Curah Menjangan. Ia berharap upaya normalisasi dapat segera direalisasikan, dengan harapan dapat meminimalkan potensi banjir.

“Terima kasih Ibu Pj Bupati Lumajang yang telah turun langsung ke lokasi banjir di desa kami untuk berdiskusi dan mencari solusi terbaik dalam penanganan bencana itu,” ujar Faisal.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement