Jumat 16 Feb 2024 22:05 WIB

DLH Bantul Berencana Bangun Ruang Terbuka Hijau di Sejumlah Kelurahan

DLH Bantul berharap bisa menyediakan RTH yang ramah anak.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul Ari Budi Nugroho.
Foto: Republika/Idealisa Masyrafina
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul Ari Budi Nugroho.

REJOGJA.CO.ID, BANTUL — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), merencanakan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di sejumlah kelurahan pada 2024 ini. Diharapkan RTH itu menambah ruang publik, juga dapat menjadi tempat bermain anak-anak. 

“Di tahun anggaran 2024 ini alokasi kita untuk ruang terbuka hijau itu di kelurahan, seperti di Imogiri, Tirtonirmolo, dan Tamantirto, Kasihan. kemudian, di Dlingo dan Tamanan, Kecamatan Banguntapan,” kata Kepala DLH Bantul Ari Budi Nugroho di Bantul, Jumat (16/2/2024).

Baca Juga

Menurut Ari, pembangunan RTH di kelurahan diintegrasikan dengan penyediaan ruang publik, seperti taman maupun ruang bermain anak. “Kalau untuk anggaran pembangunan RTH di 2024 tidak besar, kurang dari sebesar Rp 1 miliar karena hanya kecil-kecil. Kalau di kelurahan paling hanya sekitar Rp 100 jutaan per lokasi,” ujar dia.

Ari mengatakan, penyediaan ruang terbuka hijau yang dilengkapi dengan taman dan sarana bermain tersebut sesuai dengan misi Pemerintah Kabupaten Bantul 2022-2026, yaitu kabupaten layak anak.

Terkait hal itu, kata dia, DLH Bantul juga berupaya melakukan revitalisasi RTH yang sudah ada agar dapat menjadi ruang bermain atau aktivitas yang ramah anak.

“Salah satunya adalah revitalisasi ruang terbuka hijau di kawasan Masjid Agung Bantul menjadi ruang bermain ramah anak, yang telah diresmikan pada awal Februari 2024,” ujar Ari. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement