Senin 25 Sep 2023 07:48 WIB

Semarak Merti Dusun Gabugan Sleman, Hadirkan Aneka Lomba Hingga Kirab Budaya

Kerukunan warga Gabugan dapat diperkuat melalui merti dusun ini.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menghadiri merti dusun di Padukuhan Gabugan, Kalurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman.
Foto: Dokumen
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menghadiri merti dusun di Padukuhan Gabugan, Kalurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman.

REJOGJA.CO.ID, SLEMAN -- Padukuhan Gabugan, Kalurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman, Sleman, DIY, melaksanakan merti dusun pada Ahad (24/9/2023). Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, turut hadir sekaligus menandai merti dusun secara simbolis dengan memotong tumpeng.

Merti dusun juga diramaikan dengan kirab bregodo dan pentas budaya secara meriah. Danang menyambut baik pelaksanaan Kirab Budaya dan Pentas Seni Budaya Gabugan.

Kegiatan ini dinilai menjadi media untuk menanamkam nilai luhur kepada generasi muda, khususnya terkait kebudayaan lokal.  "Ini menjadi penting untuk dilaksanakan. Pertama adalah untuk mengedukasi masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bahwa kita memiliki kebudayaan yang luar biasa dan harus kita lestarikan," kata Danang.

Tak hanya itu. kegiatan tersebut juga menjadi upaya pelestarian alam. "Kita harapkan, pelestarian alam dan budaya dapat dipadukan untuk menghasilkan manfaat yang lebih besar,” ujarnya.

Ditegaskan, agar semangat gotong royong dan kerukunan warga Gabugan dapat diperkuat melalui merti desa ini. Dengan demikian, Danang berharap kegiatan itu dapat mendukung terciptanya Sleman yang aman dan nyaman bagi seluruh kalangan.

Panitia Merti Dusun Gabugan Nanang Sarjono mengungkapkan kegiatan ini didukung oleh seluruh warga Padukuhan Gabungan yang terdiri dari lima RT. Pada tahun ini, merti dusun  dilaksanakan selama dua hari dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang diikuti oleh seluruh kalangan warga Gabugan.

"Kegiatan sudah dimulai dari kemarin, ada pentas budaya, lomba tembang dolanan, lomba melukis, lomba mewarnai, sampai dengan puncak acara pada hari ini yaitu kirab budaya," kata Nanang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement