Senin 20 May 2024 08:13 WIB

Pemkab Sleman Lepas Ribuan Jamaah Haji

Calon jamaah haji tahun ini sudah mulai mendaftar pada tahun 2011, 2012 dan 2013.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Para calon jamaah haji asal Kabupaten Sleman yang bersiap berangkat ke Tanah Suci.
Foto: Wahyu Suryana
Para calon jamaah haji asal Kabupaten Sleman yang bersiap berangkat ke Tanah Suci.

REJOGJA.CO.ID, SLEMAN -- Sebanyak 1.253 calon jamaah haji asal Kabupaten Sleman mengikuti kegiatan pamitan haji tahun 2024 yang diselenggarakan Pemkab Sleman dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat (17/5/2024). 

Kepala Kantor Kemenag Sleman, Sidik Pramono mengungkapkan bahwa pada tahun 2024, sebanyak 1.253 calon jamaah haji Sleman akan melakukan ibadah haji setelah antre kurang lebih selama 12 tahun. 

 

"Calon jamaah haji tahun ini sudah mulai mendaftar pada tahun 2011, 2012 dan 2013. Calon jamaah haji akan diberangkatkan dalam 6 (enam) kloter," kata Sidik. 

 

Adapun keenam kloter calon jamaah haji Sleman yaitu kloter 48 dengan jumlah calon jamaah haji sebanyak 353 orang dan tujuh orang petugas haji, dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan pada 24 Mei 2024. 

 

Kemudian, kloter 50 dengan jumlah calon jamaah haji sama dengan kloter sebelumnya yaitu 353 orang dan 7 orang petugas haji, dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 25 Mei 2024. Di tanggal yang sama juga calon jamaah haji kloter 53 dengan jumlah 354 orang dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan. 

 

Selanjutnya, sebagian calon jamaah haji Sleman masuk ke dalam kloter 54 yang berjumlah 112 orang bergabung dengan calon jamaah dari Kabupaten lainnya, dan dijadwalkan masuk Asrama Haji pada tanggal 26 Mei 2024. Begitu juga untuk calon jamaah haji sleman di kloter 81 dengan jumlah 41 orang, bergabung dengan calon jamaah haji asal Kota Yogyakarta dan dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 2 Juni 2024. 

 

Terakhir, sebagian calon jamaah haji Sleman masuk dalam kloter 100 bergabung dengan calon jamaah haji asal Kulonprogo yang dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 9 Juni 2024. Sidik menambahkan, pada tahun 2024 ini, calon jamaah haji tertua di wilayah DIY berasal dari Sleman yaitu Umirah Sutorejo (95), warga Dusun Krajan, Wedomartani Ngemplak. Sementara untuk calon jamaah haji termuda se-DIY juga berasal dari Sleman yaitu, Aledewa Raja (18), warga Kapanewon Ngaglik. 

 

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan bahwa keberangkatan calon jamaah haji asal Sleman ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridho Allah SWT semata. Ia berharap para jamaah haji dapat memanfaatkan kesempatan berhaji dengan niat hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. 

 

Kustini juga berpesan kepada calon jamaah haji Sleman untuk senantiasa menjaga kondisi fisik dalam menjalankan aktifitas ibadah haji serta, tetap menjaga nama baik Indonesia dan Sleman.  

 

"Bapak Ibu juga merupakan duta bangsa Indonesia dan wakil dari Kabupaten Sleman. Jagalah nama baik Indonesia dan Sleman. Patuhi jadwal, aturan serta petunjuk yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi," pesan Kustini. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement