Rabu 19 Feb 2025 19:04 WIB

War Tiket KA Lebaran, Daop 6 Yogya Sebut Okupansi Bahkan di Atas 100 Persen 

KAI berkomitmen menghadirkan layanan transportasi yang terjangkau dan berkualitas.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Karta Raharja Ucu
Stasiun Tugu Yogyakarta.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Stasiun Tugu Yogyakarta.

REJOGJA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- Penjualan tiket kereta api (KA) periode Angkutan Lebaran Idul Fitri 2025 terus berlangsung. Masyarakat pun mulai mencari tiket baik untuk mudik maupun tiket arus balik agar tidak kehabisan untuk selama masa angkutan Lebaran 2025. Bahkan, KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat okupansi sejumlah KA ada yang mencapai lebih dari 100 persen pada tanggal tertentu.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih mengatakan, KA Ekonomi PSO dengan keberangkatan awal dari Stasiun Lempuyangan yaitu KA Sri Tanjung menjadi KA dengan penjualan tertinggi kedua pada masa Angkutan Lebaran 2025 yakni pada 21 Maret hingga 13 April.

Per Rabu (19/2/2025) ini, tingkat okupansi KA Sri Tanjung relasi Stasiun Lempuyangan-Surabaya Gubeng-Ketapang sudah mencapai 75 persen. Artinya, kata Feni, sudah terjual sebanyak 13.433 tempat duduk dari kapasitas yang disediakan. 

"Untuk okupansi harian, KAI Daop 6 mencatat okupansi KA Sri Tanjung pada tanggal 25 Maret hingga 4 April di atas 100 persen. Ini menunjukkan animo masyarakat yang tinggi untuk bepergian dengan KA,” kata Feni, Rabu (19/2/2025).  

Selain KA Sri Tanjung, KA Ekonomi PSO lain milik Daop 6 yaitu KA Bengawan relasi Stasiun Purwosari-Pasar Senen juga mencatat penjualan tertinggi dengan capaian okupansi 71 persen atau terjual sebanyak 16.354 tempat duduk dari kapasitas yang disediakan. 

“Okupansi KA Bengawan pada tanggal 21 Maret hingga 4 April juga sudah di atas 100 persen,” ucap Feni. 

Sebagai bagian dari pelayanan publik, KAI dan DJKA mengoperasikan KA PSO dengan harga yang terjangkau untuk berbagai lapisan masyarakat di berbagai rute. Dikatakan Feni, KAI terus berkomitmen menghadirkan layanan transportasi yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat, termasuk pada momen Lebaran 2025, salah satunya melalui layanan KA PSO. 

“Hal ini juga sebagai bentuk pelayanan publik yang sejalan dengan semangat Asta Cita. Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA, masyarakat juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121,” ungkap Feni.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement