Ahad 05 May 2024 23:13 WIB

Jalin Kerja Sama, Probolinggo Pasok Bawang Merah ke Tanah Laut

Pemkab Probolinggo dan Tanah Laut juga kerja sama budi daya bawang merah.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pedagang menurunkan bawang merah di pasar wilayah Probolinggo, Jawa Timur.
Foto: Umarul Faruq/Antara
(ILUSTRASI) Pedagang menurunkan bawang merah di pasar wilayah Probolinggo, Jawa Timur.

REJOGJA.CO.ID, PROBOLINGGO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Jawa Timur, dan Pemkab Tanah Laut, Kalimantan Selatan, menjalin kerja sama terkait komoditas bawang merah. Sebagai salah satu sentra penghasil bawang merah, Probolinggo akan memasok komoditas tersebut ke Tanah Laut.

“Kerja sama antara Pemkab Tanah Laut dengan Pemkab Probolinggo merupakan langkah strategis bagi kedua pihak, terutama untuk menjaga ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga bawang merah,” kata Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, dalam keterangan tertulis yang diterima pada Sabtu (4/5/2024).

Baca Juga

Menurut Ugas, ada beberapa kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang merupakan sentra bawang merah, yaitu Kecamatan Dringu, Leces, Tegalsiwalan, Gending, Maron, Banyuanyar, Kraksaan, dan juga Kecamatan Paiton. “Di sentra-sentra tersebut dapat membantu kelancaran suplai bawang merah, salah satunya ke Kabupaten Tanah Laut,” kata dia.

Pj Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman bersyukur bisa menjalani kerja sama dengan Pemkab Probolinggo terkait komoditas bawang merah. “Kami juga ingin belajar tentang pertanian bawang merah karena produksinya tinggi di Kabupaten Probolinggo. Di Kabupaten Tanah Laut terdapat beberapa kendala,” ujar dia.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi, dinasnya menindaklanjuti hal itu dan melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Laut.

Susilo mengatakan, kerja sama itu mencakup ilmu budi daya tanaman bawang dari Kabupaten Probolinggo ke Kabupaten Tanah Laut, dengan kerja sama penyediaan bibit, teknologi budi daya tanaman, pupuk, dan sekolah lapang. “Melalui perjanjian kerja sama itu, kami akan melakukan bimbingan, yang dimulai dari penanaman sampai setelah panen di Kabupaten Tanah Laut,” ujar dia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement