Ahad 05 May 2024 16:17 WIB

42 Angkutan Sekolah Gratis Dioperasikan di Kota Batu, Ini Rutenya

Pemkot Batu akan berupaya menambah jalur layanan angkutan sekolah gratis.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.
Foto: Dok Pemkot Batu
Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.

REJOGJA.CO.ID, BATU — Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Jawa Timur, meluncurkan program angkutan sekolah gratis bagi para pelajar. Ada puluhan unit angkutan yang disiapkan untuk melayani para pelajar menuju sekolah dan pulang dari sekolah ke rumah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan, program angkutan sekolah gratis ini merupakan bentuk kehadiran pemerintah bagi para pelajar dan orang tua murid. “Agar aman dan nyaman saat anak-anak berangkat dan pulang sekolah,” ujar dia, Sabtu (4/5/2024).

Baca Juga

Dalam menjalankan program tersebut, Pemkot Batu bekerja sama dengan Koperasi Jasa Angkutan Sumber Rejeki. Menurut Aries, Pemkot Batu memberikan subsidi Rp 129.600 per hari agar angkutan sekolah bisa dimanfaatkan secara gratis oleh para pelajar.

Aries mengatakan, saat ini disiapkan 42 unit mobil penumpang umum (MPU) dari Koperasi Angkutan Sumber Rejeki untuk angkutan sekolah gratis. Menurut dia, angkutan sekolah gratis itu akan melayani sembilan jalur, mengikuti rute MPU. Uji coba jalur angkutan sekolah gratis itu disebut sudah dilakukan sejak April lalu.

Angkutan sekolah gratis itu disebut memiliki 20 titik tunggu, di antaranya pada Jalur Batu-Songgoriti, Batu-Selecta-Sumber Brantas, Batu-Bumiaji, Batu-Junrejo-Landungsari, Batu-Giripurno-Karangploso, Batu-Landungsari, dan Batu-Torongrejo-Landungsari.

“Kita berharap ke depan seluruh jalur di Kota Batu akan mendapatkan bantuan, sehingga seluruh wilayah terjangkau untuk angkutan sekolah gratis,” kata Aries.

Aries mengharapkan angkutan sekolah gratis itu dapat dimanfaatkan seluruh pelajar tingkat SD hingga SMA di Kota Batu. “Kepala sekolah dan guru agar menyosialisasikan program ini kepada semua orang tua,” ujarnya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement