Jumat 16 Feb 2024 20:46 WIB

Selepas Pemungutan Suara, Polda Jateng Minta Warga Waspada Hoaks 

Polda Jateng meminta warga tidak menelan mentah-mentah kabar yang beredar.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto.
Foto: Bowo Pribadi
Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto.

REJOGJA.CO.ID, SEMARANG — Polda Jawa Tengah (Jateng) meminta warga mewaspadai hoaks atau kabar bohong yang beredar saat momen Pemilu 2024, termasuk selepas pemungutan suara. Masyarakat diminta bijak ketika menerima kabar yang belum dipastikan kebenarannya.

“Konten bohong kerap muncul di masa pemilu, masyarakat harus hati-hati.” kata Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jateng Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto di Semarang, Jumat (16/2/2024).

Baca Juga

Satake mengimbau masyarakat tidak menelan mentah-mentah kabar yang beredar, termasuk di media sosial. Ia mencontohkan beredarnya konten provokatif di media sosial tentang pelanggaran atau kecurangan pemilu.

“Bila memang ada dugaan kecurangan atau pelanggaran, bisa langsung melapor ke Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu),” kata dia.

Masyarakat diminta bijak dalam merespons kabar yang belum dipastikan kebenarannya. Jika ada dugaan pelanggaran atau kecurangan terkait pemilu, kata Satake, sudah ada mekanisme untuk pelaporannya kepada instansi terkait. “Bila ada masalah, bisa ditempuh melalui mekanisme yang sudah ditentukan,” kata Satake.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement