Senin 12 Jun 2023 13:10 WIB

Cerita Warga Malang Sempat Kesulitan Saat Ambil PIN PPDB Jatim 2023

Saat ini, PPDB Jatim jenjang SMA/SMK memasuki tahapan pra pendaftaran.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Orangtua calon siswa melakukan konsultasi saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Orangtua calon siswa melakukan konsultasi saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023. Ilustrasi

REJOGJA.CO.ID, MALANG -- Salah satu orang tua calon siswa di Kabupaten Malang, Jatim, Noval Luthfianto, mengaku sempat mengalami kendala saat proses pengambilan personal identification number (PIN) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jatim 2023. Sebagaimana diketahui, PPDB Jatim jenjang SMA/SMK sudah memasuki tahapan pra pendaftaran mulai 12 Juni hingga 2 Juli 2023 secara daring.

Noval mengalami kesulitan saat menggunakan Google Chrome guna mengambil PIN untuk pendaftaran sekolah putrinya. "Itu ketika klik menu nama kecamatan, RT/RW, tanggal/bulan/tahun, terbitnya KK (Kartu Keluarga--Red) tidak bisa diklik. Terpaksa pengambilan PIN pakai ponsel semua," kata Noval kepada Republika.co.id, Senin (12/6/2023).

Selain itu, ia juga mendengar banyak orang tua yang mengalami masalah kecil lainnya saat pengambilan PIN PPDB Jatim 2023. Beberapa ibu ada yang tidak tahu apa itu scan dan tentang bagaimana menentukan titik koordinat. Kemudian ada juga yang kesulitan mengukur ukuran scan KK dan surat keterangan lulus (SKL) yang harus berukuran 200 KB.

Agar tidak terkendala jaringan, Noval dan putrinya sendiri terpaksa mengakses situs PPDB Jatim dari pukul 00.00 hingga 03.00 WIB. Ia merasa waktu-waktu tersebut lebih nyaman dan lancar untuk proses pengambilan PIN. "Kalau jelang siang hingga sore harus sabar karena proses download agak lelet," ujarnya.

Di samping itu, dia dan anaknya juga sudah mempersiapkan sebelumnya dengan menonton video tutorial PPDB Jatim di Youtube. Hal ini bertujuan agar kendala-kendala yang dihadapi dapat diminimalisasikan.

Sebagai informasi, proses PPDB Jatim 2023 jenjang SMA/SMK telah memasuki tahapan pra-pendaftaran terakhir dengan pengambilan PIN PPDB. Proses ini bisa dilakukan secara daring melalui situs https://ppdbjatim.net/ambil-pin/ mulai 12 Juni-2 Juli 2023.

Para orang tua dan calon siswa wajib melalui proses tersebut karena PIN digunakan untuk melakukan pendaftaran nanti. Kemudian para calon siswa juga harus menentukan titik koordinat rumah dengan aplikasi geolokasi melalui situs http://ppdb.jatimprov.go.id/. Adapun proses pendaftaran sendiri akan berlangsung mulai 1 sampai 2 Juli 2023 secara daring.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement