Sabtu 20 May 2023 13:20 WIB

Revitalisasi Taman Balekambang Solo Diterget Rampung Oktober 2023

Selama proses revitalisasi tersebut tidak ada penebangan pohon.

Red: Yusuf Assidiq
Warga mengamati rusa saat mengunjungi kawasan wisata Taman Balekambang di Solo, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Warga mengamati rusa saat mengunjungi kawasan wisata Taman Balekambang di Solo, Jawa Tengah.

REJOGJA.CO.ID, SOLO -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono meninjau proyek revitalisasi Taman Balekambang Solo yang ditargetkan selesai pada Oktober tahun ini.

 

"Saya kira masih dalam progres, ini menata kembali. Di dalam gedung pertemuan, gedung pertunjukan, ampliteater, kolamnya juga. Nanti insya Allah Oktober selesai," katanya di sela peninjauan proyek di Solo.

Pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terkait pemindahan Kantor Cabang Dinas ESDM dari kawasan Balekambang ke Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo.

"Jadi nanti saling hibah. Ini dihibahkan ke kota untuk bisa jadi aset Balekambang, beliau (Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, red.) dapat hibah dari wali kota di Mojosongo karena (kantor sebelumnya, red.) akan kami jadikan taman," ujar Basuki.

Ia mengatakan saat ini secara keseluruhan proyek tersebut sudah mencapai 24 persen. Bahkan, untuk bagian kolam yang ada di dalam taman hampir selesai pengerjaannya.

"Tinggal pasang batu dan kayu ulin. Lalu dasarnya sudah selesai semua tinggal isi air," katanya.

Untuk konsep revitalisasi Taman Balekambang, sesuai arahan Presiden Joko Widodo maka akan dikembalikan menjadi taman kota yang lebih baik.

"Ini kata beliau sejarahnya jadi taman terbaik se-Asia dulu, Asia Tenggara di zamannya dulu. Akan kami kembalikan. Gedung ESDM kami jadikan taman lagi sehingga orang masuk ke sini jadi taman," tegas dia.

Diungkapkan pula selama proses revitalisasi tersebut tidak ada penebangan pohon. "Nggak ada penebangan pohon, delapan yang dipindah dan hidup," katanya.

Mengenai kontrak awal, menurut dia sebetulnya proyek revitalisasi dengan anggaran Rp 154 miliar tersebut ditargetkan selesai Desember 2023. "Tapi kami coba percepat (menjadi Oktober, red.)," ujar Basuki.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement