Kamis 19 Sep 2024 07:35 WIB

Hadir ke-27 Kali di Yogyakarta, Pameran Yogyakomtek Usung Tema AI

Target pengunjung Yogyakomtek 2024 mencapai 50 ribu orang.

Red: Fernan Rahadi
Pameran Yogyakomtek (ilustrasi)
Foto: Novientyaga Sekar Kinanthi
Pameran Yogyakomtek (ilustrasi)

REJOGJA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Setelah sukses digelar tahun 2023, Pameran IT terbesar Yogyakomtek kembali digelar tahun ini oleh Asosiasi Pengusaha Komputer Jogja (Apkom Jogja). Tahun ini, Yogyakomtek 2024 akan kembali hadir di Jogja Expo Center (JEC) pada 21-25 September 2024 dengan mengusung tema utama 'Artificial Intelligence (AI) For You'.

Ketua Apkom Jogja, Eka Wibawa, mengungkapkan alasan mengusung tema 'AI For You' dikarenakan saat ini teknologi AI tengah menjadi buah bibir seluruh masyarakat Indonesia. "Karena kami melihat AI ke depannya akan menjadi bagian dari pekerjaan kita. Oleh karena itu, melalui event pameran Yogyakomtek kami ingin memberikan pemahaman mengenai implikasi dan implementasi teknologi AI kepada masyarakat," ujar Eka dalam konferensi pers di Yogyakarta, Kamis (18/9/2024).

Dengan pendekatan event and experience, pengunjung diharapkan lebih mengenal, memahami dan mengalami AI melalui sejumlah aktivitas acara yang disajikan antara lain: Demo Produk Aplikasi AI, Talkshow dan Workshop AI. Di samping itu berbagai acara lain dikemas secara menarik seperti Kompetisi E-Sport, Kompetisi Overclocking, Cosplay, Workshop Fotografi serta pengunjung akan dibuat betah dengan adanya Bazar Buku dan Kuliner.

Tak dapat dipungkiri, event eksibisi yang sarat teknologi informasi (IT) dan satu-satunya yang masih terjaga kerbelanjutan maupun eksistensinya, di level lokal-regional maupun nasional adalah pameran Yogyakomtek. Eka pun menargetkan pengunjung Yogyakomtek 2024 mencapai 50 ribu orang.

"Semoga event nanti bisa sukses, lancar dan membawa berkat bagi kita semua. Terima kasih bagi para anggota, peserta dan tenant-tenant yang telah mendukung dan berpartisipasi. Mudah-mudahan pameran kali ini mendapat apresiasi dari masyarakat serta berdampak positif bagi perekonomian daerah sehingga dapat berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya," kata Eka.

Sampai saat ini, periode event pameran terhitung ke-27, sepanjang sejarah penyelenggaran Yogyakomtek, dan perjalanan umur dari sejak pertama kali pameran telah mencapai 28 tahun.

Biasanya, pameran komputer yang diadakan Apkom Jogja dapat terselenggara 5-6 kali dalam setahun (NIX, Apkom Year End Sale, Apkom New Year Festival, Mega Bazaar Computer, Festival Computer Indonesia). Akan tetapi, kata Ozi, kegiatan ini sempat terhenti pada tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19. Kini, pameran komputer terbesar se-DIY hanya dapat terselenggara sekali dalam satu tahun.

photo
Ketua Panitia Yogyakomtek 2024, Fakhrurozi (kiri) Ketua Asosiasi Komputer (Apkom) Jogja, Eka Wibawa (tengah), dan Seksi Acara Yogyakomtek 2024 Bakhtiar bertofo bersama usai konferensi pers Yogyakomtek 2024 di Yogyakarta, Kamis (18/9/2024). - (Republika/Fernan Rahadi)

Sementara itu, Ketua Panitia Yogyakomtek 2024, Fakhrurozi, mengungkapkan untuk tahun ini, Yogyakomtek akan menggunakan dua hall yang ada di JEC, yakni Hall B dan Hall C. Kendati hanya menggunakan dua hall, ternyata minat dan antusiasme vendor meningkat ketimbang pagelaran tahun lalu. Terbukti, lebih dari 50 persen booth sudah terjual sebelum launching pameran berlangsung.

"Bahkan acara Kompetisi Robotik yang akan diselenggarakan saat ini jumlah pesertanya sudah melebihi target yang diharapkan. Mudah-mudahan partisipasi peserta acara ini turut memeriahkan pameran mendatang," ujar pria yang akrab dipanggil Ozi itu.

Seksi Acara Yogyakomtek 2024, Bakhtiar, mengungkapkan Kompetisi Robotik menjadi salah satu acara unggulan pada event Yogyakomtek tahun ini. Bekerja sama dengan Taman Pintar Yogyakarta, acara ini akan diikuti para pelajar (SD dan SMP sederajat) dari berbagai wilayah baik di Yogyakarta maupun dari luar Yogyakarta seperti Semarang, Cilacap dan kota-kota lainnya.

E-Sport juga menjadi salah satu rangkaian acara yang menjadi daya tarik tersendiri. Bekerja sama dengan tim dan Brand Ambassador dari 16 kampus di Yogyakarta, kompetisi E-Sport akan memainkan empat game yaitu Valorant, Mobile Legend, Taken, dan Free Fire. Selain itu terdapat acara lain yang tidak kalah menarik seperti Workshop Fotografi, Kompetisi Overclocking.

Khusus bagi pengunjung yang punya hobby menggambar, akan diadakan Kompetisi Menggambar Cepat, 'Yogyakomtek Speed Drawing'. Acara ini didukung langsung dari Huion Indonesia, yang akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah. Agar mendapat atensi masyarakat luas, dipenghujung hari pameran, pelaksanaan final akan disiarkan secara live di area panggung utama event.

Selain itu panitia penyelenggara juga mengadakan aksi sosial yang diberi nama Apkom Peduli. “Sebagai kegiatan tambahan, kami akan mengajak para pengunjung yang hadir dan seluruh anggota Apkom Jogja untuk dapat berpatisipasi dalam kegitan sosial selama pameran berlangsung,” ujar Eka.

Secara khusus aksi sosial dibagi menjadi tiga kegiatan, yaitu Aksi Donor Darah, kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan Unit Pelayanan Transfusi Darah RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

Layanan Medical Check Up (MCU), meliputi cek Gula Darah, Kolesterol dan Asam Urat. Selama event pameran berlangsung akan diberikan tarif harga khusus, kegiatan MCU tersebut bekerja sama dengan Apotek K-24.

Aksi Peduli bagi anak-anak penderita maupun penyintas kanker. Aksi peduli yang berupa donasi tersebut, hasilnya akan digunakan untuk pendampingan psikologis, penyediaan akomodasi, pendidikan dan bantuan pengobatan. Kegiatan ini bekerja sama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Yogyakarta.

Pada tahun lalu pada ameran Yogyakomtek 2023, panitia penyelenggara telah memberlakukan penjualan ticket masuk secara elektronik (e-ticketing). Dengan berbagai kemudahan, kecepatan dan keamanan bagi penyelenggara maupun pengunjung, tahun ini e-ticketing kembali diberlakukan dengan dua opsi metode penjualan ticket masuk, yaitu secara on-line dengan mengunjungi link : http://s.id/yogyakomtek2024 dan secara offline (on-site), dengan cara datang langsung ke loket penjualan tiket yang telah disediakan panitia.

Harga tiket masuk (HTM) pengunjung pameran Yogyakomtek 2024, ditetapkan panitia sebesar Rp 10 ribu per orang. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari penuh, dari pukul 10.00-21.00 WIB.

Setiap pengunjung yang sudah membeli tiket akan mendapat kesempatan memperebutkan hadiah sebesar puluhan juta rupiah. Bagi calon pengunjung yang ingin mendapatkan info lebih lanjut dapat mengunjungi Instagram resmi Yogyakomtek 2024 di @yogyakomtek.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement