REJOGJA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dalam rangkaian JNE Competition 2024 JNE kembali menghadirkan Creative Workshop: Narasi & Komunikasi Era Digital Vol.2! yang diadakan pada 31 Mei 2024 di University Club Universitas Gadjah Mada. Workshop hasil kerja sama JNE dan Direktorat Kemahasiswaan UGM ini bertujuan untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan teknik dalam menciptakan narasi dan konten yang menarik dan melibatkan audiens di era digital.
Di era digital yang serba cepat, kemampuan untuk bercerita dan berkomunikasi secara efektif menjadi keahlian penting bagi siapa saja yang ingin sukses. Workshop ini dirancang untuk membantu para peserta mengembangkan kemampuan tersebut dengan mempelajari seni narasi dan komunikasi di berbagai platform digital.
Workshop ini akan menghadirkan pembicara, yaitu Dmaz Brodjonegoro dan Kang Maman. Dmaz Brodjonegoro, seorang sutradara, akan membahas tentang "Dampak Emosional dalam Sinematografi", yang berfokus pada nilai visi, misi, dan aspek emosi dalam pembuatan sinematografi.
Sementara itu, Kang Maman, seorang penulis dan pegiat literasi, akan membagikan tips dan kiat untuk menjadi penulis yang produktif di era digital dalam materi "Menulis Produktif di Era Digital".
Sebelum itu Dosen ilmu komunikasi Universitas Gadjah Mada Jusuf Ariz Wahyuono, memaparkan mengenai soft skill content creator sebagai pengantar materi dua narasumber lainnya selaku praktisi.
Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan UGM Hempri Suyatna, dalam sambutannya menyampaikan bahwa program ini bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan mahasiawa yang sangat dibutuhkan di era digital.
"Melalui pelatihan ini mereka dapat mengembangkan content creator yang lebih baik, berbasis data dan mampu mengembangkan branding yang baik. Bahkan harapannya mereka bisa menciptakan peluang kerja melalui kegiatan content creator ini," kata Hempri dalam siaran pers, Jumat (31/5/2024).
Menurutnya, Creative Workshop ini sesuai dengan misi UGM untuk mencetak mahasiswa yang selalu adaptif terhadap berbagai bentuk kemajuan khususnya teknologi digital. "Melalui ini diharapkan mereka tidak hanya menjadi follower, tetapi sebagai generasi yang leader, kreatif dan inovatif," ungkapnya.
SVP Marketing Group Head JNE, Eri Palgunadi, menegaskan komitmen JNE dalam mendukung semangat kreatif dan meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia. "JNE bukan hanya perusahaan ekspedisi, tetapi juga penghubung kebahagiaan sesuai dengan tagline 'Connecting Happiness'," ujarnya.
"Sebagai organisasi yang berusia lebih dari 33 tahun, JNE berkomitmen untuk membantu generasi muda mengembangkan potensi kreatif mereka melalui berbagai program, termasuk workshop ini."
Dengan kegiatan workshop ini juga setelah mendapat tambahan pengetahuan dari narasumber, peserta yang hadir juga kami harapkan dapat mengasah kemampuan dan mengikuti program JNE Content Competition mengusung tema "Gasss Terus Semangat Kreativitasnya!".
"Inilah upaya kami untuk mencari bakat-bakat terpendam di antara anak-anak Indonesia yang menghadirkan Juri yaitu Kang Maman Suherman (Juri Writing Competition), Martha Suherman (Juri Foto), Rio Purba (Juri Design), Dmaz Brodjonegoro (Juri Video). JNE Content Competition 2024 berlangsung dari 29 April hingga 30 Juni 2024. Kompetisi ini terbuka bagi masyarakat umum, karyawan JNE, pelajar/mahasiswa, dan jurnalis, dengan total hadiah ratusan juta rupiah," katanya.