Sabtu 27 Apr 2024 19:10 WIB

Pj Gubernur Jatim Respons VIralnya Pembatasan Jam Operasional Warung Madura

Selama membawa keberkahan, aktivitas ekonomi apa pun boleh dijalankan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Adhy Karyono
Foto: Dok Pemprov Jatim
Adhy Karyono

REJOGJA.CO.ID, SURABAYA -- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menanggapi ramainya pemberitaan di tengah masyarakat terkait jam operasional warung Madura yang akan diatur. Khusus di Jatim, kata Adhy, tidak akan ada larangan warung Madura beroperasi 24 jam.

"Saya kira terlalu jauh ya (aturan jam operasional warung Madura) yang namanya ekonomi sekarang bisa 24 jam. Kalau gitu yang transaksi online juga tidak usah 24 jam," kata Adhy di Surabaya, Sabtu (27/4/2024).
 
Adhy mengatakan, selama membawa keberkahan, aktivitas ekonomi apa pun boleh dijalankan. Asalkan, lanjut Adhy, para pelaku usaha tetap menjaga ketertiban umum.
 
"Kalau itu membawa keberkahan, membawa penghasilan yang bagus, dan tidak menganggu ketertiban umum sebetulnya laksanakan. Tapi kalau mengganggu ketertiban umum silakan (ditertibkan). Orang hidup kita bisa malam hidupnya," ujarnya.
 
Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM pun sudah menegaskan tidak pernah melarang warung Madura untuk beroperasi 24 jam. Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim mengaku jajarannya telah meninjau Peraturan Daerah Kabupaten Klungkung nomor 13 tahun 2018 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan. Aturan tersebut yang dianggap membatasi aturan operasional warung Madura.
 
Namun, lanjut Arif, dari hasil peninjauan disimpulkan, tidak ditemukan aturan yang melarang secara spesifik warung Madura beroperasi selama 24 jam. "Dalam perda tersebut, pengaturan terkait jam operasional justru berlaku bagi pelaku usaha ritel modern, minimarket, hipermarket, departement store, serta supermarket, dengan batasan jam operasional tertentu," kata dia.
 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement