Selasa 19 Dec 2023 17:03 WIB

Kampanye di Lombok, Anies Janji Perbanyak Sekolah Vokasi untuk Pengembangan Pariwisata 

Anies menyebut upaya memperbanyak sekolah vokasi bisa meningkatkan SDM warga NTB.

Rep: Eva Rianti/ Red: Fernan Rahadi
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat menyambangi Ponpes Al Aziziyah di NTB sebagai rangkaian kegiatan kampanye Pilpres 2024, Selasa (19/12/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat menyambangi Ponpes Al Aziziyah di NTB sebagai rangkaian kegiatan kampanye Pilpres 2024, Selasa (19/12/2023).

REJOGJA.CO.ID, LOMBOK -- Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menjanjikan bakal memperbanyak sekolah vokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Tujuannya adalah untuk bisa meningkatkan potensi pariwisata yang besar di wilayah berjulukan 'Pulau Seribu Masjid' itu. 

Hal itu disampaikan saat Anies berkampanye di NTB, Selasa (19/12/2023). Anies menyebut bahwa upaya memperbanyak sekolah vokasi bisa meningkatkan sumber daya manusia (SDM) warga NTB untuk mengembangkan potensi di NTB. 

"Yang tidak kalah penting kita harus bangun lebih banyak sekolah-sekolah vokasi sehingga tenaga kerja di bidang pariwisata tidak diisi oleh orang luar NTB, tapi diisi oleh anak-anak NTB sendiri supaya kesejahteraannya terasa di sini," kata Anies usai berkampanye di GOR 17 Desember, Lombok, NTB, Selasa. 

Anies mengakui bahwa NTB memiliki kekayaan alam serta budaya yang beragam sehingga harus terus diperhatikan dan dikembangkan. Sehingga menurutnya, pengembangan itu tak melulu dilakukan terhadap aktivitas yang bersifat event, semisal MotoGP Mandalika.  

"Di NTB ini potensinya luar biasa. Ada nature dan culture. Nature-nya itu dari laut sampai pegunungan, kemudian kekayaan budaya dari mulai Lombok sampai ke timur sana. Jadi potensinya itu bukan hanya untuk kegiatan per event saja tapi kegiatan sepanjang tahun yang terkait nature dan culture. Ini yang harus kita dukung pengembangan potensi besar," jelasnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement