Selasa 12 Sep 2023 11:04 WIB

Erick Thohir: Pelatnas ke Jerman Siapkan Timnas U-17 Kelas Dunia

Menpora juga rencananya akan meninjau langsung ke Jerman pada akhir bulan September.

Rep: Fitriyanto/ Red: Fernan Rahadi
Timnas Indonesia U-17 menjalani Training camp (TC)  di Stadion Sriwedari, Jumat (11/8/2023).
Foto: Republika
Timnas Indonesia U-17 menjalani Training camp (TC) di Stadion Sriwedari, Jumat (11/8/2023).

REJOGJA.CO.ID, JAKARTA -- Lolos langsung ke Piala Dunia U-17 karena faktor tuan rumah, Timnas Indonesia U-17 tak mau dipandang sebelah mata. Untuk membentuk Timnas Indonesia U-17 yang tangguh mereka akan digembleng di salah satu kiblat sepak bola dunia, Jerman.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir  mengatakan Pelatnas Timnas U-17 akan digelar di Jerman. "Yang kita siapkan untuk ikut Piala Dunia U-17 adalah Tim kelas dunia. Kita akan kirim ke Jerman, rencananya akan berangkat tanggal 16 September 2023. Perkiraan pemain yang akan dibawa 28-34 pemain tergantung kondisi pemain. Kita bukan sedang mempersiapkan tim AFF, tetapi ini kelas dunia," kata Erick Thohir saat acara penandatanganan Perjanjian kerja sama tentang penyaluran bantuan pemerintah untuk pemusatan latihan (pelatnas) dan Timnas Sepakbola U-17 dan penyelenggaraan FIFA U-17 World Cup 2023 antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dan PSSI di Kantor Kemenpora, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga

Erick Thohir menambahkan, akan ada standarisasi yang harus dicapai oleh Timnas. Menurut tim pelatih, saat ini sudah ada sekitar 18 pemain dengan standar sudah mumpuni. 

"Sebelumnya, saat uji coba lawan Tim U-17 korsel yang peringkat dua Asia, kita main cukup baik dengan pola kita sendiri. Nanti di Jerman Timnas U-17 akan dua kali lawan timnas, juga akan ada empat tambahan uji coba melawan tim Bundesliga. Kita akan gunakan fasilitas di Dortmund, salah satu klub elite Jerman. Di mana klub itu banyak menghasilkan pemain muda yang sukses menjadi bintang," katanya.

Menpora juga rencananya akan meninjau langsung ke Jerman pada akhir bulan September. "Kehadiran Menpora langsung di Jerman tentu saja menambah motivasi para pemain kita untuk nantinya bisa tampil baik di pentas piala dunia U-17," kata Erick.

Untuk menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 yang akan digelar di empat kota di Indonesia dan membentuk Timnas U-17 yang tangguh, pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp 399,5 miliar. Diharapkan, dengan bantuan ini selain sukses bagi penyelenggara dan timnas juga ada dampak positif selepas piala dunia nanti digelar.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement