Rabu 19 Jul 2023 10:56 WIB

Seleksi Timnas U-17 Digelar di Solo, Berlangsung Terbuka dan Gratis

Beberapa punggawa muda Persis Solo juga akan mengikuti seleksi itu.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Logo PSSI
Logo PSSI

REJOGJA.CO.ID, SOLO -- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama Persis Solo akan menyelenggarakan seleksi Timnas U-17 di Stadion Sriwedari, Ahad (23/7/2023) mendatang.

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan sebagai tuan rumah seleksi, pihaknya hanya akan membantu PSSI dalam pelaksanaannya.

"Kita jadi tuan rumah, jadi acara PSSI kita bantu untuk menyelenggarakan dan kita bantu untuk menyediakan beberapa hal teknis," kata Bryan, Rabu (19/7/2023).

Bryan juga mengungkapkan ada sejumlah punggawa muda Persis Solo juga yang akan mengikuti seleksi tersebut. "Ada beberapa pemain kita yang ikut juga kok," katanya.

Selain itu, ditegaskan seleksi tersebut bersifat terbuka dan tidak dipungut biaya apapun. Namun, ia mengatakan kemungkinan seleksi akan banyak didominasi oleh sekolah sepak bola yang ada di Kota Bengawan.

"Iya (terbuka), saya rasa mungkin kebanyakan didominasi sekolah sepak bola yang ada di kota Solo ini," katanya.

Sebelumnya, Bima Sakti selaku pelatih kepala Timnas U-17 Indonesia telah melakukan pemanggilan kepada 34 pemain untuk menjalani seleksi di Jakarta. Termasuk penyerang Sambernyawa Muda yang telah mendapatkan promosi ke tim senior sejak musim lalu, Arkhan Kaka.

Seleksi akan diselenggarakan secara terbuka dan gratis, peserta hanya perlu membawa perlengkapan pribadi seperti sepatu dan jersey. Syarat untuk mengikuti seleksi yakni kelahiran 1 Januari 2006 sampai 31 Desember 2007, tinggi badan 170 cm – 185 cm, dan hasil tes VO2Max rata-rata 60 – 65 dengan detail masing-masing posisi; pemain defender: 56-60, midfielder: 63 – 67, attacker: 57 – 61.

Selain itu, spesifikasi pemain yang dicari harus memiliki mental yang kuat untuk mengatasi tekanan, kekuatan otot untuk melakukan gerakan eksplosif, menguasai berbagai variasi teknik permainan hingga kemampuan kognitif seperti reading the game, making decision, dan quick action.

"Untuk informasi pendaftaran akan diinformasikan lebih lanjut. Segera persiapkan dirimu untuk menjadi bagian dari Garuda Muda," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement