Jumat 09 Jun 2023 22:47 WIB

Pemprov Jawa Tengah Diminta Mengoptimalkan Pendapatan Sektor PKB

Tren Kepemilikan Kendaraan Bermotor di Jawa Tengah meningkat, harus diimbangi pajak.

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kendaraan bermotor di Jawa Tengah.
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi kendaraan bermotor di Jawa Tengah.

REJOGJA.CO.ID,  SEMARANG—Tren peningkatan jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di Jawa Tengah harus diimbangi dengan optimalisasi pendapatan daerah, dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah harus memiliki strategi yang tepat dalam upaya mengoptimalkan pendapatan sektor pajak yang dipungut dari para pemilik kendaraan bermotor ini.

Baca Juga

“Apalagi, PKB—selama ini—menjadi salah satu tumpuan fiskal Jawa Tengah,” ungkap Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Agung Budi Margono, di Semarang, Jumat (9/6).

Agung menyebutkan, tren kepemilikan kendaraan bermotor di Jawa Tengah dalam beberapa tahun terakhir telah mengalami peningkatan. Baik sepeda motor, kendaraan pribadi, bahkan kendaraan besar seperti bus dan truk semua mengalami peningkatan jumlah kepemilikannya.

“Seiring dengan peningkatan ini, jalan raya di Jawa Tengah juga terus mengalami peningkatan beban yang pada akhirnya juga memiliki konsekuensi dalam pemeliharaannya agar tidak cepat rusak,” jelasnya.

Upaya melalui pengenaan pajak progresif, kata anggota Komisi C DPRD Provinsi Jawa Tengah ini, menjadi salah satu upaya dan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan pendapatan dari sektor PKB.

Namun presentase pajak progresif dari kepemilikan kedua, ketiga dan selanjutnya perlu diperhitungkan secara cermat dan proporsional agar tidak terlalu kecil sekaligus untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh warga Jawa Tengah.

Pada Tahun 2023 ini, masih jelas Agung, target PKB Jawa Tengah masih mencapai 39,03 persen  dari total target PAD yang direncanakan. Maka upaya dan langkah- langkah untuk memperluas dan mengoptimalkan sasaran pajak harus diupayakan.

“Sehingga akan terwujud peningkatan pendapatan dari sektor PKB agar kemapuan fiskal daerah juga meningkat sekaligus juga mendukung kemandirian daerah,” jelasnya.

Di lain pihak—politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah ini—juga menyampaikan, Jawa Tengah juga masih mengandalakan PAD yang bersumber dari sektor retribusi.

Namun demikian retribusi yang bersumber dari jasa pelayanan umum selayaknya tidak perlu menjadi andalan. Karena jasa pelayanan umum seperti pelayanan kesehatan atau pelayanan kebersihan sebenarnya merupakan hak dasar warga negara.

“Kalaupun masih menjadi sumber pendapatan, maka mekanisme pengawasan harus diatur secara ketat dan trenaparan,” jelasnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement