Ahad 07 Jul 2024 10:26 WIB

Kompetisi Menghias Kapal, Ratusan Kapal Nelayan Ramaikan Pantai Boom Tuban

Pantai ini memiliki sejarah maritim.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapal nelayan di Pantai Boom Tuban, Jawa Timur.
Foto: Dok. HO NP
Kapal nelayan di Pantai Boom Tuban, Jawa Timur.

REJOGJA.CO.ID,  TUBAN – Pantai Boom Tuban yang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur atau tepatnya di sebelah utara Alun-Alun Tuban merupakan pelabuhan penting di masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Dengan kuatnya kultur budaya Maritim di daerah Tuban, hasil laut pun menjadi tumpuan para nelayan sehingga menjadi salah satu penyumbang roda perekonomian di daerah ini. Seperti tercatat dalam publikasi yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Tuban di laman https://tubankab.bps.go.id/ , jumlah rumah tangga perikanan di Kabupaten Tuban pada tahun 2023 yaitu 10.094 untuk rumah tangga perikanan laut dan 10.278 untuk rumah tangga perikanan umum. Total produksi ikan untuk semua sub sektor perikanan pada tahun 2023 adalah 34.441 ton.

Baca Juga

Melihat besarnya potensi kemaritiman di daerah Tuban, Nippon Paint Indonesia tergerak untuk memberikan dukungannya kepada para Nelayan di Tuban. Dalam hal ini Nippon Paint menginisiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program ‘CSR MARITIM’. Dukungan dan langkah nyata Nippon Paint untuk Masyarakat pesisir melalui program CSR Maritim diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan peremajaan kapal nelayan yang berkelanjutan sebagai sumber penghidupan. Tak hanya nelayan, dalam program Maritim, Nippon Paint juga memberikan dukungannya kepada anak-anak nelayan serta melakukan kegiatan pemeliharaan lingkungan bersama-sama dengan masyarakat pesisir.

Dikemukakan oleh Harijanto selaku Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia, program ini menjadi wujud nyata dari sustainability pilar Nipsea Group yang tidak hanya untuk memberikan dukungan berupa peremajaan perahu nelayan sebagai alat utama mata pencaharian.

"Namun juga dengan pelestarian pesisir melalui program bersih-bersih pantai, serta pemberian apresiasi kepada anak-anak Nelayan berprestasi di pesisir Indonesia. Kami juga menyelenggarakan kompetisi kapal dengan dekorasi terbaik dan kreatif melalui lukisan-lukisan yang ditorehkan di kapal mereka," ujar dia menjelaskan.

Program Maritim ini pun mendapat respons dari para Nelayan di Kabupaten Tuban. Seperti diungkapkan oleh Marwi, Ketua Rukun Nelayan Karangsari. “Sebagai nelayan yang sehari-harinya mencari penghasilan dengan menangkap ikan di laut, tentu saja kegiatan Maritim dari Nippon Paint ini memberikan banyak manfaat bagi kami. Dengan adanya peremajaan kapal dan juga pemberian apresiasi bagi anak-anak nelayan berprestasi, membuat kami sangat berterima kasih dan menghargai hal tersebut.”

Penganugerahan apresiasi bagi anak nelayan berprestasi diserahkan langsung oleh Harijanto kepada siswa/siswi khususnya anak para nelayan yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Apresiasi ini bertujuan untuk mendorong siswa/siswi agar lebih termotivasi dalam belajar.

Tingginya antusiasme para nelayan terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti program Maritim. Terlihat pada puncak acara program Maritim yang dihelat di Pantai Boom, Tuban, pada Sabtu, 22 Juni 2024, tercatat sebanyak 310 nelayan dan 155 kapal memenuhi area dermaga Pantai Boom untuk mengikuti kegiatan Maritim persembahan Nippon Paint.

Antusiasme para nelayan juga tampak dalam kegiatan Bersih Pantai. Secara kompak mereka bergerak aktif membersihkan Pantai Boom dari sampah. “Kami sangat terharu dan bangga melihat kekompakan para Nelayan di Tuban yang begitu antusias mengikuti kegiatan Maritim kami. Mereka sangat bersemangat bahu membahu membersihkan Pantai bersama-sama dengan karyawan Nippon Paint dan juga dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup setempat yang turut serta dalam kegiatan Bersih Pantai,” Harijanto kembali menambahkan.

Adapun cat yang diaplikasikan pada kapal nelayan yaitu menggunakan cat Bee Brand 1000 yaitu cat enamel premium berbahan dasar resin alkyd dengan keistimewaan tampilan akhirnya yang mengkilap, cepat kering, tahan lama, dan memiliki proteksi yang baik terhadap karat sehingga badan kapal dapat maksimal terlindungi dari korosi air laut dengan tampilan warna yang lebih hidup. Selain itu, kapal-kapal juga menggunakan Nippon Copper Paint Anti-Fouling untuk menjaga kapal kayu tetap aman dari teritip.

“Harapan kami ke depannya melalui program Maritim, Nippon Paint dapat menjangkau lebih banyak lagi wilayah pesisir lainnya yang tersebar di berbagai penjuru Nusantara. Dengan demikian, kita dapat memaksimalkan potensi-potensi dari kawasan tersebut sehingga semakin memberikan dampak yang berkelanjutan,” kata Harijanto.

sumber : Web
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement