Sabtu 27 Apr 2024 14:28 WIB

Dalam Sepekan, Jawa Timur Dilanda 175 Getaran Gempa

Sebagian besar dilaporkan merupakan gempa dangkal di selatan Jawa.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Gempa bumi.
Foto: Reuters
(ILUSTRASI) Gempa bumi.

REJOGJA.CO.ID, SURABAYA — Stasiun Geofisika Kelas II Pasuruan mencatat total 175 aktivitas gempa bumi dalam sepekan, yang getarannya melanda wilayah Jawa Timur (Jatim). Aktivitas kegempaan itu tercatat pada periode 19 April-25 April 2024.

“Gempa yang terjadi didominasi oleh gempa dangkal di selatan Jawa, dengan magnitudo (M) 3 ke bawah, sebanyak 141 kejadian,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas II Pasuruan, Rully Oktavia Hermawan, Sabtu (27/4/2024).

Baca Juga

Selain itu, terdata gempa M 3 sampai M 4, sebanyak 29 kejadian, dan gempa di atas M 4, ada lima kejadian. Rully mengatakan, ada empat kejadian yang getarannya sampai dirasakan masyarakat. Salah satunya gempa M 4,9 pada 22 April 2024, yang berpusat di laut 77 kilometer arah tenggara Cilacap.

Pada hari yang sama dilaporkan kejadian gempa bumi M 3,3, dengan pusat di darat, tujuh kilometer arah barat laut Bojonegoro. Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), getaran gempa tersebut dirasakan di wilayah Bojonegoro dan Tuban, dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah).

Masih di 22 April 2024, dilaporkan gempa M 4,8 di wilayah Samudra Hindia selatan Jawa Kabupaten Trenggalek. Getaran gempa tersebut dilaporkan dirasakan, antara lain di wilayah Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, dan Kepanjen, dengan skala intensitas II-III MMI. Getaran dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang) juga dirasakan, antara lain di wilayah Blitar.

Kemudian, pada 24 April 2024, dilaporkan terjadi gempa M 4,2 di Laut Bawean. Guncangan gempa bumi itu dirasakan di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, dengan intensitas III-IV MMI (getaran dirasakan banyak orang, perabotan rumah terguncang seperti truk yang menabrak bangunan). Rully mengatakan, pada sejumlah kejadian gempa itu tidak berpotensi tsunami.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement