Kamis 16 Nov 2023 14:56 WIB

Undip Kini Peringkat 177 Universitas Terbaik Asia Versi QS University Ranking

Pemeringkatan itu dirilis pada 8 November 2023.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
 Gedung Widya Puraya Rektorat Universtas Diponegoro (Undip), kampus Tembalang, Kota Semarang.
Foto: Dokumen
Gedung Widya Puraya Rektorat Universtas Diponegoro (Undip), kampus Tembalang, Kota Semarang.

REJOGJA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Diponegoro (Undip) kembali meraih prestasi peringkat yang sangat menggembirakan. Capaian itu tercatat pada laman QS Asia University Rankings 2024 (QS AUR 2024).

Mengutip laman https://www.topuniversities.com/asia-university-rankings?countries=id yang dirilis pada 8 November 2023, Undip berada di peringkat ke-177 universitas terbaik di level Asia.

Sementara, pada kategori QS South Eastern Asia University Rankings 2024, Undip berada di peringkat ke-43 universitas terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Bagi Undip, ini menjadi prestasi yang membanggakan, mengingat pada QS AUR 2023, Undip berada di level 200 Asia dan 47 Asia Tenggara.

Adapun pada pemeringkatan yang dirilis sebelumnya pada 22 Maret 2023 QS World University Rankings 2024 (QS WUR 2024) pada kategori Top Global Universities Undip termasuk dalam peringkat ke- 791-800 universitas terbaik di level global.

Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) merupakan lembaga pemeringkatan institusi pendidikan tinggi tingkat dunia. QS World University Rankings 2024: Top Global Universities menilai 1.500 institusi di 104 negara di dunia dan 857 institusi di Asia.

Poin yang diperoleh Undip dalam indikator perhitungan pemeringkatan QS Asia University Rankings 2024: Top Asia Universities adalah Academic Reputation (30.0 persen), Citations per Paper (10.0 persen), Papers per Faculty (5.0 persen) dan Employer Reputation (20.0 persen).

Selain itu Faculty Student Ratio (10.0 persen), Staff with PhD (5.0 persen), International Research (10.0 persen), Inbound Exchange Students (2.5 persen), International Faculty (2.5 persen), International Students (2.5 persen), dan Outbound Exchange Students (2.5 persen).

Rektor Universitas Diponegoro, Prof Yos Johan Utama mengapresiasi keja keras semua pihak atas capaian Undip tersebut. Sebab hasil pemeringkatan tersebut merupakan buah kerja keras dari seluruh jajaran di Undip, termasuk para alumni yang telah berkontribusi melalui perannya masing-masing.

“Tentunya kita berharap setiap tahun peringkat tersebut bisa menjadi lebih baik lagi,” ujarnya di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/11).

Undip, kata Prof Yos Johan, terus berbenah dan meningkatkan kualitas akademik dan lulusan, publikasi dan jejering penelitian dengan para peneliti luar negeri. Ini menjadi ikhtiar untuk mewujudkan visi Undip menjadi universitas riset yang unggul serta cita-cita menuju universitas berkelas dunia (world class university).

“Berbagai upaya terus kami lakukan untuk meningkatkan reputasi Undip di tataran Asia Tenggara, Asia, maupun global,” katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement