Kamis 11 May 2023 15:26 WIB

Hasto Ungkap Pesan Megawati kepada Ganjar

Pesan Megawati kepada Ganjar juga berlaku untuk seluruh caleg PDIP.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan keterangan pers usai mendaftarkan bakal caleg DPR RI di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (11/5/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan keterangan pers usai mendaftarkan bakal caleg DPR RI di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendaftarkan calon anggota legislatif (caleg) di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota secara serentak di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penyusunannya juga dilaksanakan dengan semangat untuk memenangkan Ganjar Pranowo sebagai presiden periode 2024-2029.

Sekretaris PDIP Hasto Kristiyanto juga menyampaikan pesan dari Megawati Soekarnoputri kepada Ganjar dan para bakal caleg. Pesan agar para pemimpin menjadi sosok yang baik dan bijaksana untuk rakyat.

Baca Juga

"Pesan Ibu Megawati kepada Pak Ganjar Pranowo dan itu berlaku juga bagi seluruh calon anggota legislatif PDI Perjuangan bahwa menjadi calon pemimpin itu harus bijaksana dan baik, baik dan bijaksana, turun ke bawah bersama dengan rakyat," ujar Hasto di kantor KPU, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Dia menjelaskan, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden akan digelar serentak pada 14 Februari 2024. Sehingga, pesan Megawati kepada Ganjar pun sejalan dan senapas dengan pesan kepada para caleg.

"Ibu Megawati Soekarnoputri telah menetapkan Pak Ganjar Pranowo selaku calon presiden. Tentu saja semua dalam satu semangat untuk memenangkan pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2024," kata Hasto.

Dengan demikian, kepemimpinan yang dihasilkan oleh PDIP dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, pusat, dan kepemimpinan di tingkat nasional nanti akan senapas dengan kepemimpinan Sukarno, Megawati, dan Joko Widodo (Jokowi).

"Seluruh kader PDI Perjuangan juga diajarkan untuk terus mengedepankan kepentingan bangsa dan negara dibanding dengan kepentingan pribadi. Sehingga ini menjadi pegangan dalam proses transisi kepemimpinan Presiden Jokowi yang sudah menjabat dua periode," ujar Hasto.

Seluruh daftar bakal caleg PDIP sudah sesuai dengan ketentuan KPU dan akan diverifikasi secara administratif. Ia memastikan seluruh proses penetapan bakal calegnya telah dilakukan dengan seksama, secara demokratis, juga terbuka, dan menjaring dari tokoh-tokoh masyarakat.

Tentu saja sebagai partai yang melakukan pelembagaan melalui pendidikan politik dan kaderisasi. "Mengingat tugas-tugas anggota legislatif itu harus senapas dengan tugas-tugas pemimpin nasional di dalam membawa kemajuan Indonesia Raya," ujar Hasto.

 

photo
Elektabilitas Ganjar Pranowo anjlok. - (infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement