Kamis 09 Feb 2023 18:06 WIB

Dua Kali Didemo Mahasiswa, MWA UNS Akhirnya Cabut Somasi

Ketua MWA I sempat memberikan pesan kepada para mahasiswa.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Mahasiswa FKOR UNS kembali geruduk gedung Rektorat tuntut pencabutan somasi atas dekan FKOR, Sapta Kunta, Kamis (9/2/2023).
Foto: Republika/Alfian
Mahasiswa FKOR UNS kembali geruduk gedung Rektorat tuntut pencabutan somasi atas dekan FKOR, Sapta Kunta, Kamis (9/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pihak Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret (UNS) akhirnya meluluskan niat untuk mencabut somasi atas Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) Sapta Kunta sesuai dengan tuntutan dari massa aksi. 

"Dalam rangka menjaga kondusifitas kampus maka saya tegaskan sebagai kuasa hukum MWA menyatakan mengakhiri somasi dengan segala konsekuensi di balik itu," kata kuasa hukum MWA, Muhammad Taufiq, Kamis (9/2/2023).

Taufiq menjelaskan sebelum diangkatnya somasi tersebut ia mengatakan sudah ada pertemuan antara Ketua, Wakil ketua, dan Sekretaris MWA. "Di pertemuan tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa segera diakhiri somasi agar tidak ada lagi aksi demo yang bisa merugikan banyak pihak," katanya.

Selain itu, Taufiq menjelaskan Ketua MWA I, Hadi Tjahjanto sempat memberikan pesan, khususnya bagi mahasiswa yang melakukan demonstrasi. "Adik-Adik masuk kelas saja. Minggu depan sudah mulai perkuliahan lagi," katanya.

Kendati demikian, pihaknya menyayangkan aksi mahasiswa. Menurut dia, sebagai kaum terpelajar seharusnya mereka lebih belajar. Meskipun demikian, ia tetap mengapresiasi aksi tersebut. 

"Masih banyak orang yang gak ngerti apa itu somasi. Buktinya somasi masih saja ditanggapi berlebihan dengan mendatangkan massa. Hal ini seharusnya tidak boleh terjadi. Saya sebagai alumni UNS menyesalkan seperti ada yang mendramatisir dan menafsirkan seolah itu kiamat," katanya menambahkan.

Sebelumnya, ratusan mahasiswa Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kembali melakukan aksi moral menuntut pencabutan somasi yang dilayangkan oleh MWA UNS kepada Dekan FKor, Sapta Kunta Purnama, Kamis. Aksi tersebut digelar di Gedung Rektorat.

Kaprodi pendidikan FKOR UNS, Haris Nugroho mengungkapkan aksi tersebut kembali dilakukan untuk mencabut somasi yang diajukan MWA secara tertulis. "Kita meminta kepada MWA untuk mencabut somasi sesuai dengan produk hukum. Kalau mereka menyomasi dengan tertulis harus mencabut secara tertulis dan diberikan ke fakultas keolahragaan," katanya usai aksi, Kamis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement