Senin 30 Jan 2023 09:13 WIB

Rektor UGM - KAGAMA NTB Sepakat Perkuat Kolaborasi Bangun Negeri

Kegiatan KKN UGM yang telah menjadi sebuah program unggulan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Ova Emilia, menghadiri UGM Menyapa Alumni di Sheraton Senggigi Hotel, Lombok, NTB.
Foto: Dokumen
Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Ova Emilia, menghadiri UGM Menyapa Alumni di Sheraton Senggigi Hotel, Lombok, NTB.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Ova Emilia, menyapa Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Nusa Tenggara Barat (NTB) di Sheraton Senggigi Hotel, Lombok, NTB, Sabtu (28/1) malam. Ova mengajak alumni UGM di NTB untuk terus bekerja sama dan berkolaborasi.

Ova juga menyebut berbagai capaian prestasi UGM di kancah nasional dan dunia yang tidak lepas salah satunya dari partisipasi para alumni.

"Di Indonesia kita peringkat pertama. Sedangkan di tingkat dunia kita berada di peringkat 231 versi QS World University Ranking (QS WUR) 2023. Ini semakin mengokohkan posisi UGM yang Mengakar Kuat dan Menjulang Tinggi serta Berbuah Lebat," kata Ova.

Ia juga menyinggung kegiatan KKN UGM yang telah menjadi sebuah program unggulan bahkan dicontoh oleh perguruan tinggi lain. "KKN telah menjangkau seluruh negeri dari Sabang sampai Merauke serta menyentuh wilayah perbatasan," ujarnya.

UGM dan Kagama NTB juga menegaskan komitmen bersama untuk terus bersinergi membangun dan memajukan negeri. Ketua Pengda KAGAMA NTB, Nurhandini Eka Dewi, mengatakan jiwa kekeluargaan dan gotong royong yang ada pada setiap alumni UGM di NTB telah diwujudkan dalam kerja-kerja nyata di masyarakat.

"KAGAMA itu selain guyub rukun migunani sak lawase, kita di NTB ini selalu KKN yaitu KAGAMA Kerja Nyata," ujar Eka.

Beberapa kegiatan nyata yang sudah dilakukan Kagama NTB antara lain menggandeng organisasi profesi menurunkan angka stunting hingga mengelola desa binaan inklusi. Sekda NTB, Lalu Gita Ariadi, berharap agar UGM bisa terus bersinergi dengan Kagama maupun pemerintah daerah dalam memajukan berbagai wilayah di NTB.

"KKN tematik ini harapannya bisa terus dilanjutkan. NTB yang terkenal dengan  destinasi pariwisata harapannya kian maju dan berkembang dengan hadirnya transfer pengetahuan dari UGM," harapnya.

Dalam UGM Menyapa Alumni ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara UGM dengan beberapa pemerintah daerah, yaitu Pemprov NTB, Pemkab Lombok Timur, Pemkab Sumbawa, Pemkab Lombok Tengah, Pemkab Dompu, dan Pemkot Mataram.

Sedangkan perguruan tinggi yang menandatangani MoU, yaitu Universitas Muhammadiyah Mataram, Universitas Qamarul Huda Badaruddin, Universitas Islam Al-Azhar, Universitas Pendidikan Mandalika, Universitas Nahdlatul Ulama NTB, dan Universitas Hamzanwadi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement