Senin 09 Jan 2023 12:56 WIB

Pesta Minuman Beralkohol, Belasan Siswa di Sleman Peroleh Pembinaan

Keputusan pembinaan tersebut atas kesepakatan dari pihak sekolah dan orang tua siswa.

Minuman keras (ilustrasi)
Foto: Antara/R. Rekotomo
Minuman keras (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan belasan siswa SMP Negeri 3 Berbah yang kedapatan melakukan pesta minuman beralkohol di lingkungan sekolah dilakukan pembinaan mental di pondok pesantren.

"Sebanyak 16 siswa SMP Negeri 3 Berbah yang diketahui turut bersama-sama mengkonsumsi minuman beralkohol telah dilakukan pembinaan mental di pondok pesantren Budhi Dharma Piyungan, Kabupaten Bantul," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widaryana di Sleman, Senin (9/1/2023).

Menurut dia, keputusan dilakukan pembinaan tersebut atas kesepakatan dari pihak sekolah dan orang tua atau wali murid dari masing-masing siswa.

"Harapannya dengan dilakukan pembinaan di pondok pesantren, para siswa tersebut dapat menyadari kesalahannya dan tidak mengulangi lagi, agar ke depan bisa lebih baik lagi," katanya.

Pesta minuman keras beralkohol yang dilakukan 16 siswa SMP Negeri 3 Berbah tersebut terjadi pada 22 Desember 2022 dan digelar di salah satu ruang kelas saat sekolah sedang menyelenggarakan kegiatan setelah Penilaian Akhir Semester (PAS).

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meminta ada penanganan yang tepat terkait kasus puluhan siswa SMP Negeri 3 Berbah yang kepergok saat pesta minuman keras beberapa waktu lalu.

"Ini kabar yang mengejutkan dan saya sendiri menyayangkan. Apalagi dilakukan di lingkungan sekolah. Saya minta ada penanganan yang tepat atas kasus ini," katanya.

Kustini mengaku sangat menyayangkan tingkah laku puluhan pelajar tersebut. Apalagi kejadian itu dilakukan di lingkungan sekolah yang seharusnya ketat dengan pengawasan.

"Kenapa bisa sampai terjadi di lingkungan sekolah. Sekolah tempat yang seharusnya bebas dari rokok, narkoba dan bahkan minuman keras," katanya.

Menurut dia, kejadian ini merupakan tamparan keras bagi institusi pendidikan. Pihaknya meminta agar segera ada evaluasi dan tindak lanjut atas kejadian tersebut.

"Saya harap ada evaluasi besar. Tidak hanya untuk SMPN 3 Berbah saja, tetapi semua sekolah tolong lebih ditingkatkan lagi sistem pengawasan," katanya.

Ia mengatakan, terkait hukuman yang diberikan kepada siswa, Pemkab Sleman menyerahkan kepada pihak sekolah yang memiliki otoritas atas perbuatan siswa yang terjadi di sekolah.

Namun, Kustini mengimbau agar bentuk hukuman yang diberikan tidak menyebabkan siswa-siswa tersebut putus sekolah.

"Hukumannya yang mendidik saja. Jangan sampai dikeluarkan dan berisiko putus sekolah," katanya.

Sedangkan Kepala SMP Negeri 3 Berbah Elly Yuswarini mengatakan 16 siswa tersebut kedapatan hendak mencoba-coba minuman beralkohol di lingkungan sekolah.

"Kejadian tersebut langsung ditangani pihak sekolah dengan memberinya sanksi mendidik, yaitu dibina di pondok pesantren. Kami tidak ingin karakter anak akan terjerumus. Bagi yang lain, ini juga jadi peringatan. Harus sesegera mungkin kami pangkas, karena kalau dibiarkan, akan memberi peluang untuk coba-coba," katanya.

Menurut dia, kejadian tersebut bermula ketika di sekolah diketahui ada murid SMP lain yang sengaja datang ke SMP Negeri 3 Berbah lewat jalan belakang sebanyak tiga orang.

"Mereka ini bisa masuk ke lingkungan SMP Negeri 3 Berbah melalui gerbang belakang yang terbuka karena sedang diperbaiki tukang," katanya.

Ia mengatakan, murid dari sekolah lain itu, satu di antaranya yang membuat rantai acara minum-minuman beralkohol dengan mengajak sejumlah siswa SMP Negeri 3 Berbah.

"Kegiatan itu dapat digagalkan pihak sekolah. Awalnya dari siswa luar masuk dan langsung dikenali oleh staf kami, kemudian kami amankan semua. Intinya, sudah langsung kami tangani," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement