Kamis 17 Nov 2022 21:27 WIB

SMAN 3 Yogyakarta Gelar Pentas Rakyat JayaRatih

Pentas Rakyat digelar pada Sabtu (19/11/2022) di lapangan bola SMA N 3 Yogyakarta

 Pentas Rakyat digelar pada Sabtu (19/11/2022) di lapangan bola SMA N 3 Yogyakarta.
Foto: SMAN 3 Yk
Pentas Rakyat digelar pada Sabtu (19/11/2022) di lapangan bola SMA N 3 Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - SMAN 3 Yogyakarta pada tahun ini, kembali mengadakan Pentas Rakyat (Perak) yang sebelumnya sempat hiatus kurang lebih selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Pentas rakyat karya siswa-siswi SMA Negeri 3 Yogyakarta ini berjudul JayaRatih bertemakan kesetiaan antara Kamajaya dan Kamaratih dibalut dengan unsur humor, romantis, aksi, dan lebih banyak lagi.

Pentas ini digelar pada Sabtu (19/11/2022) di lapangan bola SMA N 3 Yogyakarta dan terbuka untuk umum tanpa pungutan biaya. Pentas Rakyat ini merupakan event tahunan SMAN 3 Yogyakarta dalam rangka melaksanakan program kerja OSIS SMAN 3 Yogyakarta periode 2022/2023 dan kerja sama dengan Teater Jubah Macan (JM).

Baca Juga

Salah satu tujuan diadakannya Pentas Rakyat ini adalah sebagai wujud apresiasi generasi muda terhadap pertunjukan teater. Seluruh warga SMAN 3 Yogyakarta turut berkontribusi dalam menyukseskan acara Pentas Rakyat ini. Banyak siswa-siswi yang bekerja sama dalam proses produksi pementasan ini. 

Target penonton pada Pentas Rakyat ini adalah warga sekitar sekolah karena Pentas Rakyat ini merupakan pentas hiburan yang didedikasikan kepada warga sekitar. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan banyak kalangan masyarakat yang dapat hadir pada pentas ini.

Terdapat banyak keunikan pada Perak tahun ini. Di antaranya, menceritakan kisah pewayangan Kamajaya dan Kamaratih, yang jarang diangkat, tetapi memiliki kandungan makna yang mendalam mengenai kesetiaan. Adanya kombinasi dengan komedi yang berisi lelucon dan kritik sosial yang berhubungan dengan masalah-masalah terkini, terdapat dekoran obor api yang menyala memutari lapangan, dan tentunya terdapat stand makanan gratis untuk pengunjung.

"Kami berharap, dengan adanya pementasan ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan melestarikan kebudayaan Indonesia khususnya budaya Jawa lebih luas lagi karena Pentas Rakyat mengangkat kebudayaan Indonesia pada latar tahun 1400-an, terutama kebudayaan Jawa, seperti penggunaan gamelan sebagai musik dan Bahasa Jawa sebagai bahasa dalam beberapa dialog," ungkap Humas Pentas Rakyat Kenny Alviano Surya Atmaja lewat rilis yang diterima pada Kamis (17/11/2022).

Seni teater dengan alunan nada musik Jawa siap menemani masyarakat Yogyakarta pada 19 November nanti. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui IG : @eventpadz @jubahmacan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement