Kamis 17 Nov 2022 19:24 WIB

Muhammadiyah Dorong Akselerasi, Mobilitasi, Kapitalisasi Ekonomi dan Teknologi

Muktamar Fair dan MITE ini dalam rangka memasarkan produk.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Muhammadiyah Dorong Akselerasi, Mobilitasi, Kapitalisasi Ekonomi dan Teknologi (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Muhammadiyah Dorong Akselerasi, Mobilitasi, Kapitalisasi Ekonomi dan Teknologi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KARANGANYAR -- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, membuka secara resmi Muktamar Fair dan Muhammadiyah Innovation Technology Expo (MITE). MITE berlangsung di De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Haedar menyampaikan, Muktamar Fair dan MITE dapat menjadi momentum akselerasi, mobilisasi dan kapitalisasi dari produk-produk ekonomi  warga persyarikatan. Serta, pengembangan inovasi teknologi warga Muhammadiyah.

Baca Juga

"Tidak saja oleh Majelis Ekonomi Muhammadiyah, namun juga majelis-majelis lainnya, PTM/PTA, ortom," kata Haedar lewat rilis yang diterima Republika, Kamis (17/11).

Haedar menuturkan, ke depan keberadaan Muktamar Fair dan MITE ini diharap sudah menjadi aktivitas berbisnis dan berteknologi sehari-hari. Sehingga, tinggal dilakukan akselerasi, mobilisasi dan kapitalisasi agar lebih produktif lagi. "Sehingga, nanti kegiatan dakwah yang kita lakukan akan lebih mudah lagi," ujar Haedar.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan, menyampaikan terima kasih kepada Muhammadiyah yang telah melahirkan Indonesia. Apalagi, Muhammadiyah lebih dulu lahir jauh sebelum Indonesia ada, tidak terpengaruh kondisi apapun, tetap eksis. "Sehingga, pemerintah harus belajar dari Muhammadiyah," kata Juliyatmono.

Ketua Panitia Pusat Muktamar ke 48 Muhammadiyah, Marpuji Ali menilai, Muktamar Fair dan MITE ini dalam rangka memasarkan produk. Serta, pengembangan teknologi untuk bisa memperlihatkan sejauh mana kemampuan PTM dan Sekolah Muhammadiyah.

"Ke depan, PTM, Sekolah Muhammadiyah mampu mengembangkan lebih bagus lagi produk dan mudah-mudahan menginspirasi kepada warga Muhammadiyah kearah yang lebih baik lagi," ujar Marpuji.

Peresmian Muktamar Fair dan MITE ini dihadiri Ketua PP Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini. Koordinator Muktamar Fair dan MITE, Zainudin Ahfandy menambahkan, terdapat 512 peserta-peserta Muktamar Fair yang berasal dari beragam usaha. "Peserta MITE ada 98 dari seluruh Indonesia," kata Zain. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement