Selasa 15 Nov 2022 16:30 WIB

Mengharap Berkah, Ribuan Jamaah Padati Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi

Para jamaah sudah datang dari pagi hari.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Ribuan jamaah memadati Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke 111, Selasa (15/11/2022).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Ribuan jamaah memadati Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke 111, Selasa (15/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Puluhan ribu jamaah memadati kegiatan Haul Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi ke 111. Setidaknya, daerah sekitaran Masjid Riyadh dan Jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah, sudah penuh sesak sejak Selasa (15/11/2022) pagi.

Kegiatan pada hari ini merupakan inti acara dari seluruh kegiatan Haul Habib. Meski digelar pada pukul 09.00, para jamaah sudah datang dari pagi, bahkan ada yang bermalam di sekitaran lokasi digelarnya Haul Ali bin Muhammad al-Habsyi.

Salah seorang jamaah asal Banyuwangi bernama Muhammad Hidayat (41) mengatakan ia tidak dapat tempat duduk ketika mendengarkan zikir tahlil dan tausiyah. "Kami datang ke Solo dari Banyuwangi. Setidaknya ada 60 orang, tapi saat di acara kami pisah, soalnya jamaah yang datang padat sekali," kata Hidayat, Selasa (15/11/2022).

Selain itu, Hidayat mengaku harus berdesak-desakan untuk mendapatkan tempat duduk. Namun, ia menilai positif hal tersebut karena itu merupakan bukti cinta para jamaah.

"Tadi malam kumpul bareng bareng, setelah masuk acara haul pisah sendiri-sendiri. Banyaknya orang ini nggak memungkinkan untuk bisa kumpul-kumpul. Dari Banyuwangi kemarin pagi pukul 09.00, lewat utara, Situbondo. Sampai Solo pukul 02.00 malam. Yang jelas pertama ya tentunya rasa cinta kepada beliau dan juga mengharap keberkahan dari acara ini" ujarnya.

Sebelumnya, Pemkot Solo  memastikan tidak ada anjuran pembatasan kegiatan haul ini. Bahkan, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, memberikan dukungan penuh guna mensukseskan acara Peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi yang ke-110.

"Kan memang sudah jadi agenda tahunan. Dan tahun ini juga tidak ada pembatasan-pembatasan. Jadi seperti biasa saja, lebih bebas," kata dia.

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya (sebelum pandemi Covid-19), kegiatan Haul Habib didatangi jamaah dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain memberikan manfaat dari segi ekonomi pada warga sekitar, kegiatan tahunan itu juga memunculkan fenomena padat lalu lintas untuk arus lokal di sekitar Pasar Kliwon.

Lebih-lebih perbaikan jalan dan jembatan di kawasan Mojo masih berlangsung hingga akhir tahun mendatang. "Kita komunikasikan untuk pengaturan lalu lintas dan mengurai kepadatannya. Nggak apa-apa, yang penting acaranya lancar," tegasnya.

Sekedar informasi, mantan gubernur DKI Anies Baswedan beserta Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming juga turut menghadiri haul tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement