Senin 14 Nov 2022 20:29 WIB

Tim FH Unissula Juara Nasional Legal Opinion

Para mahasiswa yang baru meraih juara ini juga akan diberikan fasilitas beasiswa.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Rektor Unissula, Prof Dr Gunarto SH MH dalam sebuahbkesempatan wawancara dengan media.
Foto: istimewa
Rektor Unissula, Prof Dr Gunarto SH MH dalam sebuahbkesempatan wawancara dengan media.

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Tim Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Sjltan Agung (Unissula) sukese meraih juara I nasional lomba legal opinion yang digelar Universitas 17 Agustus (Untag).

Tim FH Unissula yang berkomposisi  Sigra Arum Wijayanti dan Karisma Nur Prasetiyani serta A Saloga sebagai official mengunggjli tim Universitas Trunojoyo (juara II) serta tim Universitas Imdonesia (juara III).

Baca Juga

Rektor Unissula, Prof Dr Gunarto SH MH mengapresiasi preatasi yang diraih oleh tim FH Unissula pada lomba legal opinion yang juga diikuti tim FH dari berbagai pergiruan tinggi di tanah air ini. 

Menurutnya, bukan hal yang mudah bagi tim FH Unissula mampu menjuarai lomba ini. Sebab hampir semua universitas negeri dan swasta turun bertanding di kompetisi tersebut.

Terlebih, jelasnya, persoalan penyusunan legal opinion masih menjadi salah satu hal yang perlu perbaikan dan kelemahan yang jamak dialami para mahasiswa fakultas hukum di negeri ini. "Maka kita  patut bersyukur telah  mengantisipasi dengan membekali semua mahasiswa FH Unissula agar punya kompetensi lebih dalam menyusun legal opinion," tegas Gunarto.

Salah satu caranya, dilakukan melalui kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indoneaia (PWI) Jawa Tengah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa menulis.

"Alhamdulillah hasilnya bagus dan mahasiswa FH Unissula dari tahun ke tahun terus berprestasi.  Hal itu juga membuat para mahasiswa FH Unissula selangkah lebih maju dan siap masuk bursa kerja,” Jelasnya. 

Dekan FH Unissula, Dr Bambang Tri Bawono SH MH menambahkan, Unissula mendukung penuh kegiatan mahasiswa yang dapat menghasilkan prestasi di bidang akademik.

“Kami pimpinan FH Unissula mendukung penuh semua kegiatan mahasiswa yang dapat membuahkan prestasi, tak hanya di kompetisi tingkat nasional namun juga di level internasional," katanya.

Sebagai bentuk apresiasi dari kampus, lanjut Bambang, para mahasiswa yang baru meraih juara ini juga akan diberikan fasilitas beasiswa, sebagai salah satu cara menghargai mereka serta mendorong para mahasiswa lainnya untuk ikut berprestasi.

Sehingga iklim akademik dan ilmiah di kalangan mahasiswa di kampus Unissula, lebih khusus di FH Unissula akan semakin meningkat. "Harapannya akan kembali lahir mahasiswa beprestasi lebih banyak lagi,"  tegasnya.

Sementara itu Sigra Arum menyampaikan, dalam lombaeval opinion ini  tim FH Unissula mempresentasikan mengenai kebebasan berpendapat (freedom of speech) mahasiswa kepada Pemerintah. "Ada banyak argumentasi dan rekomendasi yang kita sampaikan agar Pemerintah bisa menyikapi masukan dari mahasiswa secara konstruktif” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement