Senin 14 Nov 2022 08:38 WIB

Aset Bank Syariah BDS Tumbuh Positif di 2022

Outstanding (OS) pembiayaan juga turut meningkat dibanding 2021 lalu.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
 Pelaksanaan jalan sehat oleh Bank Syariah BDS sebagai puncak rangkaian milad ke-15 yang digelar di Kantor Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta.
Foto: Dokumen
Pelaksanaan jalan sehat oleh Bank Syariah BDS sebagai puncak rangkaian milad ke-15 yang digelar di Kantor Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Bank Syariah Barokah Dana Sejahtera (BDS) sudah memasuki usia 15 tahun di 2022 ini. Bank tersebut pun mengalami pertumbuhan aset yang positif jika dibandingkan 2021 lalu.

Milad tahun ini mengangkat tema 'Sinergi, Kolaborasi, dan Inovasi'. Di usianya saat ini, Supervisor Funding Bank Syariah BDS, Gita Desi Dwi E mengatakan, pertumbuhan aset bank yang berlokasi di Provinsi DIY itu tercatat sebesar Rp 170,2 miliar.

Angka tersebut meningkat dari 2021 yang tercatat sebesar Rp 109 miliar. Selain itu, outstanding (OS) pembiayaan juga turut meningkat dibanding 2021 lalu meskipun masih di tengah pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah mengalami pertumbuhan positif yaitu aset Rp 170,2 miliar, kemudian OS pembiayaan (tumbuh) Rp 126,5 miliar per Oktober 2022," kata Gita kepada Republika.co.id, Ahad (13/11/2022).

OS pembiayaan tersebut terus tercatat tumbuh positif sejak 2020. Pasalnya, di 2020 tercatat OS pembiayaan sebesar Rp 97 miliar dan di 2021 juga meningkat menjadi Rp 109 miliar atau tumbuh sebesar 13,1 persen.

Terkait dengan milad, Ketua Panitia Milad ke-15 Bank Syariah BDS, Bagaskara Widyasena mengatakan, ada berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan. Bahkan, rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan milad ke-15 sudah digelar sejak September dan berakhir di November 2022 ini.

"Agendanya launching Pengajian Rabu Pon, pembagian sembako gratis yang mencapai hampir 300 paket sembako untuk masyarakat di sekitar kantor Bank Syariah BDS, donor darah, ziarah, pelatihan capacity building untuk LKMS, silaturahim ke perangkat desa, dan masih ada lagi kegiatan lainnya," kata Bagas.

Puncak dari rangkaian kegiatan milad dilakukan pada Ahad (13/11) kemarin, dengan menggelar jalan sehat. Jalan sehat dimulai dari Kantor Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta, dengan menempuh dua jalur.

Bagas menyebut, dua jalur tersebut masing-masingnya sejauh tiga kilometer dan lima kilometer. Kegiatan jalan sehat ini diikuti hampir seribu peserta.

"Peserta datang dari mana saja dan dari kalangan yang berbeda-beda. Ada yang anak-anak, pelajar, dewasa dan orang tua, semuanya antusias ikut jalan sehat," ujar dia.

Pihaknya pun bersyukur selama 15 tahun dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi syariah bersama masyarakat. Bagas pun berharap Bank Syariah BDS dapat memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat kedepannya.

Sebagai wujud syukur, lanjutnya, rangkaian kegiatan milad ke-15 dilaksanakan untuk menjangkau masyarakat lebih luas. Yakni dengan sasaran dari kegiatan yakni nasabah, mitra, masyarakat umum dari berbagai usia dan kalangan, hingga instansi-instansi.

"Di usia ke-15 kami berharap dapat memberikan manfaat yang nyata dan menjangkau masyarakat lebih luas lagi, serta bekerja sama dengan instansi-instansi untuk memperkuat ekonomi syariah dan kesejahteraan umat melalui sinergi, kolaborasi dan inovasi seperti tema kita di milad tahun ini," jelas dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement