Selasa 27 Sep 2022 23:00 WIB

245 Atlet Ikuti Kejuaraan Gulat Senior Kajati Cup Jateng di Wonosobo

Olahraga gulat yang telah dikenal sejak berabad-abad silam.

245 Atlet Ikuti Kejuaraan Gulat Senior Kajati Cup Jateng di Wonosobo (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
245 Atlet Ikuti Kejuaraan Gulat Senior Kajati Cup Jateng di Wonosobo (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,WONOSOBO -- Sebanyak 245 atlet mengikuti kejuaraan gulat senior Kajati Cup Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 di Wonosobo.

Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar saat membuka kejuaraan tersebut, di Wonososbo, Selasa (27/9/2022), mengatakan, sebagai tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan ini diharapkan mampu memacu cabang olahraga gulat untuk terus meningkatkan prestasinya khususnya bagi generasi muda setempat.

Baca Juga

"Selain sukses sebagai penyelenggara, saya berharap kepercayaan sebagai tuan rumah juga memacu seluruh jajaran cabang gulat untuk meningkatkan prestasinya," katanya.

Albar menyampaikan, olahraga gulat yang telah dikenal sejak berabad-abad silam, tentu memiliki segudang manfaat, yang perlu disampaikan ke masyarakat, bahwa olahraga gulat tidak hanya sekadar banting-membanting dan menjatuhkan lawan, tetapi sebagai olahraga yang memiliki aturan yang baku dan nilai sportivitas tinggi.

Selain itu, representasi gulat juga harus digalakkan dan dibuktikan secara konsisten, melalui kejuaraan lokal, regional, nasional, hingga internasional.

Ia berharap, atlet-atlet gulat, khususnya yang berasal dari Wonosobo, mampu menunjukkan perilaku positif, rendah hati, dan sportif, baik di dalam maupun di luar arena pertandingan.

Albar berpesan, kepada seluruh peserta, wasit, serta dewan juri yang hadir, untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas dan profesionalisme.

"Mari tumbuhkan budaya olahraga yang baik, berlandaskan kompetensi, kejujuran, dan jiwa ksatria, yang akan membawa iklim olahraga Indonesia kearah yang lebih baik, jadilah role model yang baik, mampu merepresentasikan olahraga gulat, sebagai sebuah cabang olahraga yang menjunjung tinggi sportivitas," katanya.

Selain itu, katanya melalui Kajari Cup 2022, mampu mengarahkan generasi muda Wonosobo menjadi generasi yang aktif dan sehat, serta penggerak dalam pembangunan mentalitas generasi muda. Juga mengajarkan kedisiplinan hidup, sportifitas, taat aturan, pantang menyerah, berjiwa kompetitif, dan semangat bekerja sama.

Ketua Panitia Muhammad Nuruddin Al Madina menyampaikan, kejuaraan ini diikuti 245 atlet dari 19 Kabupaten, yang terbagi dalam 26 kelas pertandingan. Mengusung tema "bermartabat, bersahabat, dan bergulat" diharapkan mampu menghasilkan atlit yang kompeten untuk mengikuti seleksi Porprov.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Jawa Tengah Bona Ventura Sulistiana mengatakan, KONI Jawa Tengah terus mendukung penuh agar pelaksanaan kegiatan berjalan dengan maksimal. Menurut dia ajang gulat ini untuk mengukur prestasi atlet dalam menghadapi kompetisi Porprov mendatang.

"KONI Jawa Tengah akan terus mendukung penuh agar pelaksanaan kegiatan Kajati Cup 2022 berjalan dengan maksimal, dan menjadi tolok ukur prestasi atlet dalam menghadapi kompetesi Porprov mendatang," tambahnya.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Andi Herman menekankan, Kejuaraan Gulat Senior menjadi ajang seleksi bagi para atlet untuk mengikuti Porprov pada 2024.

"Tunjukkan pembuktian diri atas kemampuan dan prestasi atlet, saya berharap Kejuaraan Gulat Kajati Cup 2022 menjadi momentum kebangkitan olahraga gulat di Jawa Tengah karena keberhasilan prestasi atlet ditentukan oleh diri atlet itu sendiri," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement