Rabu 21 Sep 2022 19:55 WIB

Pergi Hadiri Hajatan, Sutiman Kehilangan Dapur dan Empat Ekor Kambing

Diduga sisa api yang berasal dari tungku menjadi penyebab kebakaran ini.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pergi Hadiri Hajatan, Sutiman Kehilangan Dapur dan Empat Ekor Kambing (ilustrasi).
Foto: Foto : MgRol112
Pergi Hadiri Hajatan, Sutiman Kehilangan Dapur dan Empat Ekor Kambing (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Nasib apes dialami oleh Sutiman (73), salah seorang warga Desa Semowo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Pria paruh baya ini harus kehilangan bangunan dapur serta empat ekor kambing ternaknya akibat dilalap si jago merah, Rabu (21/9).    

Saat peristiwa kebakaran terjadi, ia sedang pergi meninggalkan rumah untuk menghadiri undangan hajatan warga, di wilayah Kecamatan Bancak. Diduga sisa api yang berasal dari tungku menjadi penyebab kebakaran ini.

Informasi yang dihimpun dari Polres Semarang menyebutkan, peristiwa kebakaran terjadi pada Rabu pagi. Pada saat peristiwa terjadi rumah dalam kondisi kosong karena penghuninya –Sutiman-- menghadiri undangan hajatan di wilayah Kecamatan Bancak.

“Menurut beberapa saksi mata, api diketahui muncul dari bagian dapur yang bangunannya terpisah dari bangunan utama rumah Sutiman,” ungkap Kapolres Semarang, AKBP Yovan Fatka HA.

 

Warga yang mengetahui peristiwa kebakaran ini, jelas kapolres, sudah berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun api yang cepat membesar kemudian menyambar bangunan kandang kambing yang berada di sebelah bangunan dapur.     

Karena material bangun tersebut berupa kayu, api pun berkobar semakin membesar hingga membakar habis kedua bangunan tersebut. “Pemilik rumah yang sedang menghadiri hajatan, baru mengetahui peristiwa kebakaran ini setelah diberi tahu tetangganya,” lanjut Yovan.

Berdasarkan keterangan para saksi di lokasi, lanjut kapolres, sebelum pergi meninggalkan rumah --untuk menghadiri hajatan-- pemilik rumah sempat terlihat memasak di dapur yang terbakar tersebut.

Kuat dugaan peristiwa kebakaran ini disebebkan oleh sia api dari tungku yang belum sepenuhnya padam. Namun untuk mengetahui secara pasti penyebab kebakaran ini masih dalam penyelidikan polisi.

Berdasarkan hasil pendataan anggota Polsek Pabelan di lokasi kejadian, lanjutnya, selain bangunan dapur dan kandang kambing yang ludes, empat ekor kambing dewasa milik Sutiman juga ikut hangus terbakar.

Hanya ada dua ekor kambing yang dapat diselmatkan warga pada saat berupaya memadamkan kobaran api. “Kerugian materi yang ditimbulkan akibat musibah kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp 60 juta,” tandas kapolres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement