Jumat 02 Sep 2022 18:44 WIB

Hari Ini, Terminal Tipe C Pelangi Mojosongo Solo Resmi Beroperasi

Terminal akan digunakan sebagai pengganti pemberhentian dari Bus BST.

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin
Hari Ini, Terminal Tipe C Pelangi Mojosongo Solo Resmi Beroperasi (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA
Hari Ini, Terminal Tipe C Pelangi Mojosongo Solo Resmi Beroperasi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Terminal Tipe C Pelangi di jalan Pelangi Raya Perumnas resmi dan siap beroperasi per Jumat (2/9/2022). Peresmian tersebut dilangsungkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo Bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Solo per Jumat (2/9/2022).

Pihak Dishub mengatakan rencananya di beberapa sudut kota bakal dibuatkan terminal khusus tipe C. Nantinya terminal akan digunakan sebagai pengganti pemberhentian dari Bus BST atau Feeder Angkutan yang sebelumnya berada di pinggir jalan. 

Baca Juga

"Kita ada 6 rute BST yang dilalui, rute-rute yang melalui lingkungan masyarakat ini perlu dibangun, sebelumnya di pinggir jalan kita akan ganti menjadi seperti ini," kata Kepala Dishub Solo, Taufiq Muhammad (2/9/2022). 

Selanjutnya, saat ini Dishub tengah melakukan survei untuk pembuatan terminal tipe C. Namun, Taufiq mengungkapkan masih ada kendala yang dialami perihal mendapatkan lahan. 

"Kita butuh lahan berkisar 300 M persegi, karena sub terminal seperti ini harus mencakup beberapa bangunan. Mulai dari ruang tunggu, Toilet, ruko dan lain-lain," ungkapnya. 

Selain itu, Taufiq mengatakan proses pembangunan terminal tipe C ini sebelumnya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. Sedangkan anggarannya memakan Rp 465 juta. 

"Harapannya dengan adanya terminal-terminal seperti ini lebih membuat nyaman masyarakat, karena masyarakat jadi lebih pasti tempat yang dituju dan ada fasilitas yang mendukung," ungkapnya. 

Sementara itu, Pemkot Solo mengatakan terminal ini merupakan pemenuhan kebutuhan dari feeder angkutan untuk masyarakat. Harapannya, dengan adanya terminal tipe C ini akan menambah feeder angkutan BST lebih banyak bagi masyarakat. 

"Sementara saat ini kita baru ada yang untuk keberangkatan dan tujuan akhir, untuk yang sub-sub feeder ini belum terlalu banyak, pastinya nanti akan ditambah. Ini agar meningkatkan mobilitas masyarakat, kita sediakan juga gratis sampai saat ini. Dengan begini masyarakat tidak terlalu jauh mengaksesnya, rute-rute juga lebih pasti" pungkas, Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement