Jumat 19 Aug 2022 23:46 WIB

Wagub Jateng Ingatkan UKM Jadi Penyelamat Ekonomi Selama Pandemi

Pandemi telah memporak-porandakan dunia, bukan hanya Jateng.

Wagub Jateng Ingatkan UKM Jadi Penyelamat Ekonomi Selama Pandemi (ilustrasi).
Foto: Antara/Aji Styawan
Wagub Jateng Ingatkan UKM Jadi Penyelamat Ekonomi Selama Pandemi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyebutkan Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu penyelamat ekonomi selama pandemi COVID-19 melanda di wilayah ini.

"Pandemi telah memporak-porandakan dunia, bukan hanya Jateng. Atas bimbingan presiden RI baik melalui Kementerian UKM maupun kesehatan, dapat dilalui semua," kata Taj Yasin dalam acara Fasilitasi Pengembangan Alkes Produksi UMKM untuk Ketahanan Alkes Nasional, di Solo, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga

Wagub mengatakan COVID-19 tersebut bukan hanya berdampak pada kesehatan tetapi juga ekonomi. Dengan penanganan COVID-19 di sektor kesehatan, maka juga dibutuhkan peran UKM dalam mengatasi masalah kesehatan.

Apalagi, Kota Solo, menurut dia, juga terkenal atas produksi obat herbalyang juga merupakan salah satu andalan produksi dari pelaku usaha kecil untuk mengatasi persoalan kesehatan.

 

Wagub menjelaskan Pemerintah Provinsi Jateng belum lama ini, bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), telah melaunching beberapa produk dari UKM. Salah satunya sudah mulai membeli produk UKM. Semuanya waktu itu, pelaku UKM tidak hanya berterima kasih, tetapi juga kewalahan.

"Inilah kenapa selalu ekonomi kerakyatan benar-benar dapat membantu kami Pemprov di Jateng," kata Wagub.

Wagub mengatakan di Jateng terdapat 4.131.277 UKM, yang apabila satu UKM ini memperkerjakan2 hingga 3 orang, maka sudah menyerap 25 persentenaga kerja yang ada di Jateng. Jumlah ini bisa bertambah lagi kedepannya, apabila lahir UKM-UKM baru yang terlibat di sektor kesehatan.

"Hal ini, yang akan kita dorong. Kami berterima kasih kepada Presiden, karena anggaran kita sekitar 40 persen harus beli produk dalam negeri. Ini bagian dari bagaimana kita membuat masyarakat nasionalismenya meningkat," kata Wagub.

Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Alat Kesehatan (Alkes) Produksi UMKM untuk Ketahanan Alkes Nasional ini juga dihadiri Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Dirjen Kefarmasian dan Alkes Kemenkes L. Rizka Andalucia dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM di Jawa Tengah.

Setelah mengikuti acara Dukungan Pemerintah kepada UMKM bersama pengembangan UMKM Alkes tersebut Menkes, Menkop dan UKM serta Wagub Jateng menyempatkan diri melihat-melihat stan-stan produksi UKM alkes.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement