Selasa 02 Aug 2022 22:21 WIB

KPK Ajak Sivitas UTM Bangkalan Jadi Insan Berintegritas

Korupsi tidak bisa diberantas hanya oleh KPK, polisi dan jaksa saja.

KPK Ajak Sivitas UTM Bangkalan Jadi Insan Berintegritas (ilustrasi).
Foto: ROL/Fakhtar Khairon Lubis
KPK Ajak Sivitas UTM Bangkalan Jadi Insan Berintegritas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANGKALAN -- Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengajak sivitas akademika Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan, Jawa Timur agar menjadi insan berintegritas dan antikorupsi.

"Sebab, korupsi tidak bisa diberantas hanya oleh aparat penegak hukum saja, namun harus melibatkan para generasi muda yang akan memimpin bangsa Indonesia pada masa mendatang," katanya saat menjadi pembicara dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan korupsi tidak bisa diberantas hanya oleh KPK, polisi dan jaksa saja karena itu peran aktif semua pihak sangat dibutuhkan. "Kita harus bergandengan. Dan, anda semua harus menjadi insan antikorupsi, karena anda adalah pemilik masa depan," katanya.

Dia menyebut, sebagai mahasiswa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi insan antikorupsi diantaranya dengan menjalani pendidikan dan penelitian di bangku kuliah secara jujur. "Jika mahasiswa untuk mendapat nilai A prosesnya tidak mau belajar, malah mencontek atau memberi bingkisan kepada dosen. Maka kalau sudah tidak jujur sejak masa pendidikan seperti itu, saat bekerja dan menjabat pun pasti tidak jujur," katanya.

 

Ghufron juga meminta agar para mahasiswa selama menjalani pendidikan memiliki tiga tujuan, yaitu meningkatkan ilmu, meningkatkan keterampilan, dan kemanfaatan pada orang lain. Sebab, menurut dia, jika orientasinya untuk bermanfaat bagi orang lain, pasti akan jujur, amanah, dan bertanggung jawab.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement