Jumat 22 Jul 2022 22:17 WIB

DIY Tingkatkan Partisipasi Perempuan dengan Menambah Jumlah Desa Prima

Program untuk meningkatkan partisipasi kaum perempuan.

DIY Tingkatkan Partisipasi Perempuan dengan Menambah Jumlah Desa Prima (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
DIY Tingkatkan Partisipasi Perempuan dengan Menambah Jumlah Desa Prima (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta meningkatkan partisipasi kaum perempuan di bidang ekonomi dengan terus menambah jumlah Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Prima) di seluruh kabupaten di provinsi ini.

"Program Desa Prima merupakan program untuk meningkatkan partisipasi kaum perempuan dengan pintu masuk melalui peningkatan produktivitas ekonomi agar tercipta kehidupan yang lebih baik dan meningkatkan ketahanan keluarga," kata Sekretaris Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY Carolina Radiastuty saat pembukaan pameran Prima Dodolan di Yogyakarta, Jumat (22/7/2022).

Baca Juga

Sejak 2008 sampai saat ini, menurut dia, sudah terbentuk 133 kelompok ekonomi produktif (KEP) Desa Prima dengan jumlah anggota sekitar 3.500 orang. Ia mengatakan sasaran program KEP Desa Prima yaitu perempuan dari kelurahan prasejahtera, perempuan kepala keluarga, dan perempuan rentan lainnya dengan harapan terjadi penurunan tingkat kemiskinan di wilayah yang dianggap berpotensi dan memiliki tingkat kemiskinan tinggi.

"Lokus yang dipilih adalah kelurahan yang memiliki kemampuan meningkatkan partisipasi perempuan di berbagai bidang," ujar dia.

Menurut dia, beragam jenis usaha yang ditekuni anggota Desa Prima antara lain aneka olahan makanan, ritel, jasa katering, hingga kerajinan tangan. Namun demikian, aspek pemasaran menjadi kendala yang masih dihadapi anggota Desa Prima terutama yang lokasi aksesnya terbatas karena faktor geografis.

Untuk merespon permasalahan tersebut Pemda DIY melalui DP3AP2 menyelenggarakan pameran gelar potensi Desa Prima dengan tema Prima Dodolan yang akan digelar selama 3 hari berturut-turut dari hari Jumat, 22 Juli hingga Minggu, 24 Juli 2022. Plt. Asisten Sekda DIY bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat Aris Eko Nugroho berharap melalui inisiasi, pendampingan hingga pembinaan rutin kepada kelompok-kelompok Desa Prima secara berkelanjutan, perempuan semakin berperan dalam meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga pada tingkat mikro dan meningkatkan kualitas hidup bangsa pada tingkat makro.

Menurut dia, Prima Dodolan adalah bentuk komitmen Pemda DIY untuk meningkatkan potensi Desa Prima yang dibiayai dana keistimewaan itu. "Anggota KEP Desa Prima dapat memanfaatkan ajang ini untuk promosi branding dan perluasan jejaring sehingga ke depan dapat meningkatkan perekonomian," kata Aris.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement