Kamis 23 Jun 2022 14:30 WIB

Punya Sederet Prestasi, Desa Karangtengah Purbalingga Dapat Ambulans Siaga

Sejumlah prestasi yang diraih Desa Karangtengah agar bisa dipertahankan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Bupati Purbalingga memberikan ambulans siaga sebagai penghargaan atas prestasi Desa Karangtengah.
Foto: Dokumen
Bupati Purbalingga memberikan ambulans siaga sebagai penghargaan atas prestasi Desa Karangtengah.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -  Pemkab Purbalingga melalui bupati memberikan penghargaan kepada Desa Karangtengah, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, karena memiliki beberapa capaian prestasi di berbagai bidang.

Penghargaan tersebut berupa satu unit mobil Ambulans Siaga kepada Pemerintah Desa Karangtengah, Rabu (22/6/2022) di Balai Desa. Tercatat prestasi pertama dari Desa Karangtengah yakni cakupan vaksinasi dosis III (booster) saat ini meraih cakupan tertinggi se-Purbalingga yaitu 50,8 persen.

"Padahal targetnya hanya 30 persen, akan tetapi Karangtengah ini jauh melampaui target. Oleh karenanya rasa-rasanya tidak salah manakala Ibu Tiwi hadir untuk menyerahkan ambulans desa untuk masyarakat Karangtengah," ujar Bupati Tiwi.

Prestasi kedua, yakni Desa Karangtengah termasuk sebagai Desa Program Kampung Iklim (ProKlim) di tingkat nasional. Prestasi ketiga, Desa Karangtengah juga termasuk sebagai kawasan bebas jentik nyamuk.

 

"Berdasarkan informasi, kaitan dengan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk), Desa Karangtengah pun punya prestasi karena sebagai satu-satunya desa yang dicanangkan sebagai kawasan bebas jentik nyamuk," katanya.

Kondisi bebas jentik nyamuk ini merupakan hasil peran besar para ibu-ibu kader PSN untuk mencegah terjadinya wabah penyakit DBD. Para kader PSN yang berjumlah 25 orang ini aktif memastikan setiap rumah warga bebas jentik nyamuk dengan mengontrol setiap Jumat.

"Saya tidak meragukan, program apapun ketika dilempar ke PKK atau kader-kader pasti jalan. Karena yang namanya ibu-ibu kalau sosialisasi program itu paling semangat, paling militan," ujarnya.

Bupati berpesan agar sejumlah prestasi yang diraih Desa Karangtengah bisa dipertahankan. Jangan berhenti di tahun ini akan tetapi semangat berprestasi untuk dipertahankan juga di tahun-tahun yang akan datang.

Kepala Desa Karangtengah, R Indriawan Setya Hernowo, mengucapkan terima kasih atas pemberian 1 unit mobil ambulans siaga untuk keperluan masyarakat ini. Hal ini merupakan penghargaan bupati atas semangat masyarakat dalam menjalankan dan menyukseskan program-program pemkab.

"Alhamdulillah, garasi (balai desa) yang sudah lama kosong sekarang sudah terisi. Terima kasih Ibu Bupati," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement