Selasa 21 Jun 2022 12:43 WIB

Pemkab Kebumen Siapkan Parkir Tersentral Kebumen International Expo 2022

Shuttle bus disediakan gratis bagi pengunjung yang parkir.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Kebumen International Expo (KIE) 2022.
Foto: Dokumen
Kebumen International Expo (KIE) 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Gelaran Kebumen International Expo (KIE) diprediksi bakal mendatangkan ribuan pengunjung dari berbagai daerah. Mengingat ini adalah event besar dengan beragam kegiatan dan pertunjukan, sekaligus diramaikan oleh artis-artis papan atas atau Ibu Kota.

Untuk itu, pihak penyelenggara pun menyiapkan beberapa skema agar kegiatan ini berjalan dengan lancar, tertib, dan aman. Di antaranya menyangkut kantong parkir untuk pengunjung yang bakal disediakan di sejumlah tempat.

"Untuk kontong parkir kita sudah sediakan di tempat-tempat yang sudah diatur oleh event organizer. Kita buat kantong parkir ini tersentral di sejumlah titik untuk kenyamanan pengunjung, agar tidak mengganggu lalu lintas," ujar Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, Selasa (21/6/22).

Sementara itu, koordinator yang mengelola parkir, Junaidi Prasetyo menyatakan, pihaknya menyediakan lahan parkir yang tersentral untuk kendaraan roda dua dan roda empat, baik dari sisi arah barat Kebumen, dan sisi timur.

"Untuk roda empat di Pasar Tumenggungan, stamplat colt, dan Stadion Candradimuka," ujar Junaidi saat meninjau kesiapan KIE di kawasan alun-alun Kebumen, Senin (20/6) sore.

Sedangkan untuk sepeda motor, disiapkan di beberapa titik, yakni SMP N 5 ke timur sampai Pegadaian. Kemudian dari SMP N 1 ke timur sampai stamplat colt. Untuk parkir di sisi barat disediakan di Kantor Kecamatan Pejagoan dan lapangan Pejagoan.

Sebagai antisipasi lonjakan pengunjung, juga disiapkan kantong parkir tambahan, yakni di SMP 5, SMP 3, SMP 1, dan SMP 7. "Saya mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan parkir liar, atau parkir sembarangan karena dikhawatirkan akan menghambat arus lalu lintas menuju lokasi KIE," kata Junaidi.

Adapun untuk tarif parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 3.000 dan kendaraan mobil sebesar Rp 5.000. Untuk memudahkan pengunjung sampai ke lokasi KIE, pihaknya telah menyediakan kendaraan antar jemput atau shuttle sebanyak 25 bus. Shuttle disediakan gratis bagi pengunjung yang parkir.

Diketahui, KIE akan berlangsung selama satu minggu dimulai 25 Juni sampai 2 Juli 2022 di alun-alun Kebumen. Ada 500 stan pameran, dan ditargetkan bisa mendatangkan 120 ribu pengunjung.

Selain memamerkan produk-produk UMKM, beserta seni dan kebudayan lokal, KIE juga bakal dimeriahkan dengan hadirnya artis-artis Ibu Kota, yakni Kerispatih, D'masiv, Padi, Kotak, Gigi, Shalawatan Gus Azmi, Rhoma Irama, Iwan Fals, dan pelantun lagu Isabela, Malaysia Amy Search.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement