Rabu 18 May 2022 12:08 WIB

Wisuda ke-166 Undip Digelar Luring

Rektor berpesan kepada para wisudawan agar terus menanamkan integritas dan keikhlasan

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Para peserta acara wisuda ke-166 tahun 2022 Undip hari pertama, yang dilaksanakan secara luring, di Gedung Prof Sudharto, kompleks kampus Undip, Tembalang, Kota Semarang, Selasa (17/5). Sebanyak 1.504 lulusan diwisuda pada pada wisuda ke-166 ini.
Foto: Humas Undip
Para peserta acara wisuda ke-166 tahun 2022 Undip hari pertama, yang dilaksanakan secara luring, di Gedung Prof Sudharto, kompleks kampus Undip, Tembalang, Kota Semarang, Selasa (17/5). Sebanyak 1.504 lulusan diwisuda pada pada wisuda ke-166 ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Untuk kali pertama setelah pandemi Covid-19, Univesitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar acara wisuda secara luring. Wisuda ke-166 Undip kali ini diikuti 1.504 peserta (lulusan).

Pelaksanaannya dibagi ke  dalam delapan tahap dan berlangsung selama empat hari, mulai Selasa (17/5) sampai dengan Jumat (20/5), bertempat di Gedung Prof Soedarto, kompleks kampus Undip, Tembalang, Kota Semarang.

Kepala Sekretariat dan Protokol Undip, Agus Suherman menjelaskan, dengan pembagian pelaksanaan ini, maka setiap hari dilaksanakan sebanyak dua kali sesi wisuda.

Ke-1.504 orang wisudawan ini  meliputi program Doktor sebanyak 25 orang, Magister 197 orang, Spesialis 50 orang, Profesi 56 orang, Sarjana 1.097 orang, Sarjana Terapan 17 orang dan Diploma sebanyak 62 orang. 

 

Jumlah lulusan pada wisuda kali ini  sekaligus menggenapi lulusan Undip yang sampai dengan wisuda ke-166 ini sudah mencapai total sebanyak 239.310 orang lulusan dari berbagai program. 

"Pada wisuda kali ini juga terdapat 702 orang lulusan (46.68 persen) yang lulus dengan predikat Cumlaude”, ungkap Agus Suherman dalam keterangan pers yang disampaikan, Selasa sore.

Sementara itu, dalam pidatonya, Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama mengatakan, para wisudawan Undip harus bangga dan harus tetap bersyukur telah menempuh pendidikan di Undip.

Karena saat ini sudah ada puluhan Program Studi di Undip yang telah terakreditasi institusi Internasional baik oleh ABEST, IABEE, ASIIN, FIBAA dan universitasnya sudah terakreditasi A. 

Selain itu, berbagai prestasi juga telah Undip capai, diantaranya rangking 1 Nasional Universitas terbaik Versi QS yang alumninya paling cepat mendapat pekerjaan.

Selain itu juga ranking 2 Nasional dan 30 Dunia Universitas terbaik versi Greenmetric pada tahun 2020 dan 2021, ranking 2 Universitas PTNBH Terbaik 2020-2021 versi Kementerian Pendidikan dan kebudayan Ristek.

"Undip juga masuk 5 besar Universitas terfavorit dalam SNMPTN tahun 2019, 2020, 2021 serta SNMPTN pada tahun 2022 ini," jelasnya.

Rektor juga berpesan kepada para wisudawan agar terus menanamkan integritas dan keikhlasan. Dengan integritas, wisudawan diharapkan berkompetisi di dunia dengan cara-cara yang ksatria dan beretika. 

Integritas juga bermakna ikhlas, yang artinya segala tindakan, perbuatan, ucapan bukan semata untuk kepentingan pribadi kita, akan tetapi tujuan utamanya justru untuk membahagiakan orang lain sebesar mungkin.

“Mahkota terindah kita yang menjadi kebanggaan kita bukanlah gelar, jabatan, kekayaan, kedudukan, tetapi senyum bahagia orang lain yang kita layani dengan profesi kita," jelasnya.

Tak lupa, Yos Johan juga mengharapkan para wisudawan terus meningkatkan kualitas dan terus berinovasi dalam segala hal, baik dalam urusan dunia maupun akhirat dengan berlomba membuat kebaikan.

Untuk meningkatkan kualitas ini, Undip memberikan kesempatan kepada fresh graduate (kecuali PPDS) bisa melanjutkan studi lanjut di Undip dengan uang kuliah sebesar apa yang dibayar saat kuliah S1 atau D4 atau D3. "Juga untuk yang S2 mau ke S3," jelasnya. n bowo pribadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement