Selasa 29 Mar 2022 08:43 WIB

Jelang Ramadhan, Khofifah: Mari Asah Kesalehan Sosial

Gus Dur sangat konsisten dalam mencontohkan pengamalan kesalehan sosial.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.
Foto: Dokumen.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan masyarakat untuk mengasah kesalehan sosial menjelang Ramadhan. Kesalehan sosial menurutnya bisa diasah lewat zakat, infak dan sedekah, serta mempererat silaturahmi.

"Saat ini sudah dekat Ramadhan. Saya ingin katakan, betapa kesalehan sosial sangat penting. Maka mari kesalehan sosial terus kita asah dengan memberikan keseimbangan antara hablumminallah dan hablumminannas," ujar Khofifah, Senin (28/3). 

Khofifah pun membagi cerita perjalanan-perjalanan yang dilalui bersama Presiden RI Ke-4, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Menurutnya, Gus Dur sangat konsisten dalam mencontohkan pengamalan kesalehan sosial dalam perjalanan hidup beliau.

"Saya bisa merasakan nafas keilmuan dan nafas kesalehan sosial luar biasa dari Gus Dur. Sering sekali ada yang rawuh ke beliau untuk minta dibantu secara keuangan. Biasanya, beliau akan memberi berapa pun yang ada di kantong beliau," ujarnya. 

Menurut Khofifah, apa yang dilakukan Gus Dur adalah cara beliau merawat umat dengan penuh kasih dan berbagi. Menurutnya, merawat umat harus dikuati dengan layanan kesejahteraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement