Kamis 06 Jan 2022 14:40 WIB

Perlu Kreativitas Kembangkan Potensi Sleman

Di DIY banyak isu-isu menarik di kalurahan-kalurahan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Perlu Kreativitas Kembangkan Potensi Sleman (ilustrasi).
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Perlu Kreativitas Kembangkan Potensi Sleman (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Sleman resmi dikukuhkan. Bupati Sleman, Kustini Purnomo mengatakan, PPDI PPDI merupakan wadah perangkat desa untuk saling berbagi informasi dan menguatkan koordinasi.

Terutama, untuk perkembangan pembangunan di daerahnya masing-masing. Kustini menekankan, keberadaan PPDI menjadi kesempatan bagi perangkat kalurahan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, bahkan wawasan dalam melayani masyarakat.

Baca Juga

Untuk itu, Kustini turut mendorong seluruh pengurus PPDI untuk kreatif dalam membantu upaya-upaya Pemkab Sleman melaksanakan pembangunan dan pemerintahan. Sehingga, dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan kemampuan yang mereka miliki.

"Saya harapkan seluruh keluarga besar paguyuban ini dapat mendukung pengembangan potensi yang dimiliki Sleman," kata Kustini, Kamis (6/1).

 

Ketua Umum PPDI DIY, Johan Enri Kurniawan menyebut, PPDI Kabupaten Sleman akan menjadi wadah bagi perangkat kalurahan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan . Apalagi, di DIY banyak isu-isu menarik di kalurahan-kalurahan.

"Sehingga, PPDI bisa menjadi wadah yang dapat memberikan usulan-usulan yang kemudian dapat menjadi pertimbangan pemerintah pusat dalam mengambil kebijakan terkait dengan perangkat desa," ujar Johan.

Terpisah, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, melakukan kunjungan ke Kalurahan Sumberharjo dan Kalurahan Wukirharjo. Dilakukan untuk diskusi bersama pokdarwis membahas pengembangan pariwisata berbasis pertanian dan alam di Sleman timur.

Pada kesempatan itu, Danang mengatakan, pariwisata merupakan salah satu bidang untuk pemulihan ekonomi dari dampak pandemi yang menjadi konsen Pemkab Sleman. Ia mengaku senang melihat semangat dari pokdarwis-pokdarwis yang ada di Sleman.

Terutama, Sleman bagian timur yang terus didorong bidang pariwisatanya. Menurut Danang, kehadiran destinasi wisata baru di Sleman bagian timur seperti Obelix Hills diharapkan memotivasi sekitarnya untuk mengangkat potensi wisata setempat.

Danang berharap, nantinya wisata di daerah Sleman bagian timur semakin kaya dan dapat saling terkoneksi untuk memberi pilihan paket wisata lebih beragam kepada wisatawan. Karenanya, ia mengajak pokdarwis mengembangkan pariwisata yang lain.

"Yang benar-benar menjadi ciri khas dari daerah sini. Ketika semuanya sudah terlaksana baru kita bisa melakukan integrasi kawasan pariwisata yang bagus," kata Danang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement