Ahad 28 Feb 2021 17:19 WIB

Pemeriksaan GeNose 19 Kini Ada di Stasiun Purwokerto

Hingga saat ini ada 12 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19.

Pemeriksaan GeNose 19 Kini Ada di Stasiun Purwokerto. Proses pengujian Covid-19 dengan GeNose C19.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pemeriksaan GeNose 19 Kini Ada di Stasiun Purwokerto. Proses pengujian Covid-19 dengan GeNose C19.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Rajawali Nusindo dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 bagi calon penumpang kereta api di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Mulai hari ini, PT KAI (Persero) menambah empat stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19, salah satunya Stasiun Purwokerto. Tiga stasiun lainnya adalah Madiun, Malang, dan Surabaya Gubeng," kata pejabat yang melaksanakan tugas (PYMT) Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Hendra Wahyono, Ahad (28/2).

Baca Juga

Dengan demikian, hingga saat ini telah ada 12 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19. Menurut dia, delapan stasiun yang lebih dulu menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 terdiri atas Pasarsenen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Pasarturi.

"Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 merupakan wujud dukungan KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait dengan persyaratan naik kereta api jarak jauh sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 20 Tahun 2021 dan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 7 Tahun 2021," katanya.

Hendra mengatakan bagi calon penumpang kereta api yang akan melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun terlebih dahulu harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh. Tiket dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, maupun kanal penjualan tiket eksternal lainnya dan telah dibayar lunas.

Menurut dia, selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan. "Kalau minum air putih (air mineral) masih diperbolehkan," katanya.

Ia mengatakan saat pelaksanaan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang diminta meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement